PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Yang Manakah Kelompok Saya?



URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini menawarkan pendekatan baru untuk membantu siswa mempelajari materi kognltif. Dengan menerapkan tayangan permainan lama dl televisi, siswa berkesempatan untuk membahas materi yang baru saja diajarkan dan menguji satu sama lain untuk memperkuat ingatan akan pelajaran anda.

PROSEDUR
1.      Bagilah siswa menjadi dua tim atau leblh.
2.      Tulislah salah satu dari yang berikut ini pada slip kertas yang berbeda:
·         Saya: (beri nama orang) misal. Saya Karl Marx
·         Saya: (beri nama kejadian) misal. Saya "gerhana bulan."
·         Saya: (beri nama teori) misal, Saya "Darwinisme."
·         Saya: (beri nama konsep) misal, Saya "inflasi."  
·         Saya: (beri nama keahlian) misal, Saya "manuverHeimlich
·         Saya: (beri nama kutipan) misal, Saya "ada atau tiada"
·         Saya: (beri nama rumus) misal, Saya adalah e=mc2”.
3.      Masukkan slip kertas ke dalam sebuah kotak, dan perintahkan tiap tim untuk memilih satu slip. Slip yang dipilh menunjukkan identitas dari tamu misteri.
4.      Berikan tim waktu lima menit kepada tim untuk mengerjakan tugas berikut:
·         Memilih anggota tim untuk menjadi "tamu misteri."
·         Persiapkan pertanyaan yang akan di ajukan dan pikirkan cara menjawabnya.           
5.      Pilihlah tim yang akan menghadirkan tamu misteri pertama.
6.      Buatlah panel siswa dari tim lain (dengan metoda apapun yang anda pilih).
7.      Mulailah permainan. Perintahkan tamu misteri untuk mengemukakan kategorinya (orang, kejadian, dll). Para panelis mengambil giliran mengajukan pertanyaan ya- atau -tidak tentang tamu misteri hingga salah satu panelis dapat mengenali si tamu misterius itu.
8.      Perintahkan tim yang lain untuk menghadirkan tamu misteri mereka. Buatlah panel baru untuk tiap tamu misteri.

VARIASI
1.      Beri kesempatan tamu misteri untuk berkonsultasi dengan rekan satu timnya jika dia tidak yakin dengan cara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panelis.

2.      Guru dapat menetapkan bagaimana si tamu misteri harus berakting. Sebagai contoh, seorang tamu misteri bisa memperagakan seolah-olah ia adalah orang terkenal yang sedang menjadi bahan pembicaraan.




0 Response to "Yang Manakah Kelompok Saya?"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr