PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ujian Akhir



URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk mengenang kegiatan yang berlangsung dalam kelas.

PROSEDUR
1.      Beri siswa kertas kosong dan katakan kepada mereka inilah saatnya "ujian akhir". Usahakan agar mereka tegang menghadapi ujian akhir.
2.      Katakan kepada mereka bahwa tugas mereka adalah menulis secara urut banyaknya aktivitas belajar yang telah mereka jalani di kelas. (Sampai di sini, kemukakan bahwa ini merupakan tantangan yang menyenangkan yang tidak akan dinilai).
3.      Setelah setiap siswa selesai (atau menyerah!) buatlah daftar kegiatan belajar yang merupakan campuran dari seluruh siswa. Lakukan penyesuaikan sampai daftar urutan kegiatan itu benar.
4.      Berdasarkan daftar kegiatan belajar yang dipajang, perintahkan siswa untuk mengenang pengalaman-pengalaman tersebut, mengingat saat-saat menyenangkan, saat bekerjasama, dan berbagi pendapat.
5.      Adakan diskusi agar acara mengenang kembali itu menghadirkan semacam suasana perpisahan yang nuansa emosionalnya kuat bagi seluruh siswa.

VARIASI
1.      Sediakan daftar kegiatan dari awal pelajaran. Segeralah memulai diskusi mengenang seluruh kegiatan kelas.

2.      Sebagai alternatif dari pemfokusan pada kegiatan, fokuskan latihan pada "saat-saat untuk dikenang." Biarkan siswa menginterpretasikan kata-kata ini. Ini dapat menciptakan kenangan yang penuh tawa dan nostalgia bagi seluruh kelas.



0 Response to "Ujian Akhir"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr