PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Papan Scrabble Perpisahan



URAIAN SINGKAT
Ini merupakan tehnik yang memungkinkan siswa untuk berkumpul bersama pada akhir pelajaran dan mengenang apa yang telah mereka alami bersama. Ini dilakukan dengan membuat papan scrabble raksasa.

PROSEDUR
1.      Buatlah pajangan besar dengan judul mata pelajaran yang diajarkan. Gabungkan kata-kata di dalam judul jika ada lebih dari satu kata. Sebagai contoh, "Sejarah Kuno" menjadi sejarah kuno.
2.      Berikan spidol kepada siswa. Jelaskan, bila perlu, cara membuat kata-kata dengan sistem scrabble, dengan menggunakan judul yang dipajang sebagai pangkal katanya. Pertimbangkan cara-cara pembentukan kata berikut ini:
·         Secara mendatar atau menurun
·         Dimulai dengan. diakhiri dengan, dan disisipi dengan huruf apa saja yang sudah tersedia.
Namun demlkian, ingatkan siswa bahwa mereka tidak boleh menggabungkan dua kata haru ada spasi antara keduanya. Gunakan nama atau ejaan yang benar.
3.      Tetapkan batas waktunya dan perintahkan siswa untuk membuat kata-kata kunci sebanyak yang mereka bias yang berkaitan dengan mata pelajaran atau pengalaman belajar yang telah mereka jalani.
4.      Sarankan supaya mereka membuat pembagian kerja agar sebagian siswa melakukan pencatatan dan sebgia lain mencari kata-kata baru.
5.      Ucapkan kata "Mulai" dan perintahkan siswa untuk menghitung kata-kata dan berikan tepuk tangan meriah sebagai penghargaan atas catatan visual yang menarik yang berisi pengalaman mereka

VARIASI
1.      Jika ukuran kelompok tidak memungkinkan atau cukup menyulitkan untuk aktivitas ini, bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok yang masing-masing mem­buat papan Scrabble. Tampilkan hasilnya bersama dan hitunglah jumlah total kata-kata yang dihasilkan oleh seluruh siswa.
2.      Sederhanakan aktivitas itu dengan menulis judul pela­jaran secara menurun dan meminta siswa menulis (secara mendatar) sebuah verba, ajektiva, atau kata benda yang mereka kaitkan dengan judul itu dan berawal dari masing-masing huruf dalam judul tersebut.





0 Response to "Papan Scrabble Perpisahan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr