PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran



URAIAN SINGKAT
Strategi ini dirancang seperti tayangan permainan TV— Jawaban diberikan terlebih dahulu, dan tantangannva adalah mengajukan pertanyaan yang cocok atau benar Format Ini bisa dengan mudah digunakan sebagai tinjauan tentang materi pelajaran..

PROSEDUR
1.      Buatlah tiga hingga enam kategori pertanyaan tinjauan. Gunakan salah satu dari beberapa kategori umum ini
·         Konsep atau Gagasan
·                     Fakta
·                     Ketrampilan
·                     Nama
Atau buatlah kategori berdasarkan topiknya. Sebag contoh, pelajaran bahasa Perancis mungkin melibatk topik semisal, buton, angka. dan wama.
2.      Buatlah setidaknya tiga jawaban (dan pertanyaan yang terkait) per kategori. Sebagai contoh, jawaban "Angggur berwama ini biasanya dihidangkan dalam temperatur ruangan" bisa dicocokan dengan pertanyaan "Minuman Rouge itu apa sih? Kita tidak perlu memiliki jumlah  pertanyaan dan jawaban yang sama dalam tiap kategori, namun kita harus menyusun pertanyaan dan jawaban dengan derajat kesulitan yang terus meningkat.
3.      Perlihatkan papan permainan peninjauan kembali pada selembar kertas besar dan tebal. Umumkan kategorinya dan nilal poinnya untuk tiap kategori. Berikut adalah papan permainan sampel:
    Bulan               Warna                                      Angka
    10 poin             10 poin                                    10 poin
    20 poin             20 poin                                    20 poin
    30 poin             30 poin                                    30 poin
4.      Bentuklah tim beranggotakan tiga hingga enam orang siswa dan sediakan kartu penjawab untuk tiap tim. Jika memungkinkan, buatlah kelompok dengan beragam tingkat ketrampilan atau pengetahuan.
5.      Perintahkan tim untuk memilih kapten dan pencatat nilai tim.
·         Kapten tim mewakili tim. la merupakan satu-satu-nya yang bisa mengacungkan kartu penjawab dan memberikanjawabannya. Kapten tim harus berun-ding dengan tim sebelum memberikan jawaban.
·         Pencatat nilai bertanggungjawab menambahkan dan mengurangi nilai untuk tim mereka.
    Catalan; Sebagai moderator permainan, anda bertang­gungjawab mencermati pertanyaan mana saja yang telah diajukan. Ketika tiap pertanyaan diajukan, beri tanda silang pada papan permainan. Berikan tanda centang pada pertanyaan yang sulit dijawab oleh siswa. Anda bisa kembali kepada pertanyaan ini bila permainan selesai.
    Tinnjaulah beberapa aturan permainan berikut ini:
·         Kapten tim yang memegang kartu penjawab pertama mendapatkan kesempatan untuk menjawab.
·         Semua jawaban harus diberikan dalam bnetuk pertanyaan.
·         Jika jawaban yang diberikan benar, nilal untuk kategorinya akan diberikan. Jika jawaban tidak benar, nilai angka pada skor tim dikurangi. Dan tim lain berkesempatan untuk menjawab.
·         Tim yang memberikan jawaban terakhir yang bena akan menguasai papan perrnainan.

VARIASI
1.      Sebagai alternatif dari penggunaan kapten tim, perintahkan tiap anggota tim untuk mengambil giliran memainkan permainan tinjauan ulang. Dia tidak boleh berkonsultasi dengan anggota tim sebelum menjawab.
2.      Perintahkan siswa untuk membuat pertanyaan per­mainan.





0 Response to "Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr