PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Mengilir Peran



URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara yang bagus untuk memberi kesempatan bagi tiap siswa untuk mempraktikkan ketrampilan melalui pemeranan lakon tentang situasi kehidupan nyata.

PROSEDUR
1.      Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok yang beranggotakan tiga siswa, yang tersebar di ruang kelas, dengan celah yang seluas mungkin antar ketiganya.
2.      Perintahkan tiap trio (kelompok tiga siswa) untuk membuat skenario kehidupan nyata yang membahas topik yang telah anda diskusikan.
3.      Setelah masing-masing trio menulis ketiga skenarionya pada lembar yang terpisah, satu anggota tim dari tiap kelompok menyampaikan skenario itu kepada kelompok selanjutnya dan sudah disediakan ketika anggota kelompok membaca skenario untuk mengklarifikasi atau memberikan informasi tambahan bilamana perlu. Siswa kemudian kembali ke kelompok aslinya.
4.      Secara bergiliran, tiap anggota trio akan memiliki kesempatanan untuk mempraktikan peran primemya (yakni sebagai orang tua), peran sekundernya (sebagai anak) dan pengamat.
5.      Tiap babak mesti berlangsung minimal 10 menit pemeran lakon, dengan 5 hingga 10 menit pemerian umpan balik dari pengamat. Andalah yang menentukan panjang tiap babak sesuai dengan waktu yang tersedia, topik yang dibahas, dan tingkat kemampuan siswa.
6.      Datam tiap babak, pengamat mesti berkonsentrasi pada pengidentifikasian apa yang dilakukan dengan baik oleh pemain primer dalam menggunakan konsep ketrampilan yang dipelajari di kelas dan apa yang dapat dia lakukan untuk memperbaikinya.

VARIASI
1.      Sebagai alternatif dari penugasan tiap kelompok untuk menulis skenarionya sendiri anda dapat mempersiapkan skenarionya.

2.       Sediakan lembar masukan bagi pengamat yang mengidentifikasi ketrampilan dan tehnik-tehnik khusus yang mesti ia cermati.




0 Response to "Mengilir Peran "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr