PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Mengetahui yang Sebenarnya


URAIAN SINGKAT
Acapkali, sebuah topik dapat menlngkatkan pemahaman dan kepekaan terhadap orang atau situasi yang tidak akrab bagi siswa. Salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menciptakan aktivitas efektif yang menstimulasi keingintahuan tentang seperti apa sebenarnya orang atau situasi yang kurang akrab tersebut.

PROSEDUR
1.      Pilihlah tipe orang atau situasi yang anda ingin siswa mempelajarinya. Berikut adalah beberapa contohnya:
·         Seperti apa rasanya berada di kalangan minoritas.
·         Seperti apa rasanya berada dalam periode waktu yang berbeda dalam sejarah.
·         Seperti apa rasanya menjadi orang yang berasal dan budaya yang berbeda.
·         Seperti apa rasanya menjadi orang yang memiliki persoalan atau tantangan pelik.
2.      Buatlah cara untuk mensimulasikan orang atau situasi itu. Di antara cara-cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Perintahkan siswa untuk berbusana seperti yang dikenakan oleh orang-orang dalam situasi itu. Atau perintahkan mereka untuk menangani peralatan, perkakas, aksesoris, atau barang-barang milik lainnya dari orang atau situasi itu atau dengan terlibat dalam kegiatan tertentu yang biasa dilakukan orang itu.
Sebagai contoh, kondisikan siswa pada proses normal penuaan dengan memberi mereka kacamata yang berlumuran noda pelembab, membawa kacang buncis dalam keranjang, katun pembersih telinga, dan mengenakan kaus kaki bersepatu sandal. Kemudian perintahkan mereka untuk mengambil pensil dan kertas dan menuliskan nama mereka, alamat dan nomor telepon, atau untuk berjalan-jalan ke luar ruang kelas, membuka pintu, dan mencari-cari jalan.
  • Tempatkan siswa dalam situasi di mana mereka diharuskan merespons sesuai peran yang harus mereka mainkan.
  • Gunakan analogi dalam membuat simulasi: Buatlah sebuah skenario yang tidak terlalu asing bagi siswa yang isinya menjelaskan situasi yang tidak begitu mereka kenal. Sebagai contoh, anda dapat meminta seluruh siswa yang kidal untuk menggambarkan seorang yang secara budaya berbeda dari siswa yang lain.
  • Tirukan gerak-gerik seseorang dan perintahkan siswa untuk mewawancarai anda dan mencari tahu tentang pengalaman, pandangan dan perasaan anda. Sebagai contoh, seorang guru sains (Kate Brooks) Berpakaian seperti Galileo dan menyajikan drama tentang kehidupannya dan dilema etika yang dia (Galileo) hadapi. Musik jaman renaisans dimainkan dan lilin dinyalakan di planetarium, sementara Galileo mendapatkan temuan dengan teleskop. Drama Itu berakhir dengan dihukumnya galileo dan upayanya untuk mempertahankan ajarannya. Pada akhir drama itu, siswa menulis sebuah esai tentang persoalan etika yang dihadapi Galileo, memberikan pandangan mereka tentang keputusan Galileo, dan menebak apa yang akan mereka lakukan.
3.   Tanyakan kepada siswa bagaimana rasanya simulasi tersebut. Diskusikan pengalaman sewaktu mengenakan sepatu orang lain. Perintahkan siswa untuk mengenali tantangan yang dimunculkan oleh orang atau situasi yang tidak begitu mereka kenal.

VARIASI
1.      Jika memungkinkan, lakukan pertemuan nyata dengan situasi atau orang yang tidak mereka kenal akrab.

2.      Buatlah pengalaman imaji mental dl mana siswa memvisualkan orang atau situasi yang tidak mereka kenal akrab.



0 Response to "Mengetahui yang Sebenarnya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr