PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Memperbanyak Anggota Diskusi Panel


URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara yang baik untuk menstimulasi diskusi dan memberi siswa kesempatan untuk mengenali. menjelaskan. dan mengklarifikasi persoalan sembari tetap bisa berpartisipasi aktif dengan seluruh siswa.

PROSEDUR
1.      Pillhlah sebuah masalah yang akan mengundang minat siswa. Sajikan persoalan Itu agar siswa terstimulasi untuk mendiskusikan pendapat mereka. Sebutkan lima pertanyaan untuk didiskusikan.
2.      Pilihlah empat hingga enam siswa untuk membentuk kelompok diskusi panel. Aturlah mereka dalam formasi semi lingkaran di bagian depan kelas.
3.      Perintahkan siswa yang lain untuk duduk di sekeliling kelompok diskusi pada tiga sisi dalam formasi sepatu kuda.
4.      Mulailah dengan pertanyaan pembuka yang provokatif. Serahkan tanggung jawab diskusi panel kepada kelom­pok inti sedangkan siswa yang lain membuat catatan dalam rangka mempersiapkan giliran diskusi mereka.
Sebagai contoh, beberapa poin yang dapat dikemukakan dalam sebuah diskusi adalah tentang pertanyaan "Apa sajakah pendapat pro dan kontra terhadap rekayasa genetik?"
Pro
·        Ilmu kesehatan telah mencapai tahap yang memungkinkan hal ini, lantas mengapa mesti menolaknya?
·    Ilmuwan akan mampu menghilangkan rasa nyeri dan penderitaan.
·        Orang tua akan bisa menghindari kelahiran bayi yang cacat-lahir.


Kontra
·      Manusia tidak boleh merusak rencana Tuhan.
·      Kelainan genetik akan timbul.
·      Orang tua tidak boleh memutuskan seperti apa anak yang ingin mereka miliki.
5.      Pada akhir periode diskusi yang sudah ditetapkan. pisahkan seluruh kelas menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melanjutkan diskusi tentang pertanyaan yang masih ada.

VARIASI
1.      Baliklah urutannya; mulalah dengan diskusi kelompok kecil dan diikuti dengan diskusi panel.
2.      Perintahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan diskusi.



0 Response to "Memperbanyak Anggota Diskusi Panel"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr