PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Kelompok Belajar


URAIAN SINGKAT
Metoda ini memberi siswa tanggung jawab untuk mempelajari materi pelajaran dan menjabarkan isinya dalam sebuah kelompok tanpa campur tangan guru. Tugas yang diberikan mesti jelas betul untuk memastikan bahwa sesi belajar yang dihasilkan akan efektif dan kelompok bisa mengatur diri mereka sendiri.

PROSEDUR
1.      Beri siswa materi pelajaran yang pendek dan terformat dengan baik; naskah singkat; grafik atau diagram yang menarik. Perintahkan mereka untuk membacanya dalam hati. Kelompok belajar akan bekerja sangat baik bila materinya cukup menantang atau terbuka bagi munculnya bermacam interpretasi.
2.      Bentuklah sub-sub kelompok dan beri mereka ruang yang tenang untuk melaksanakan sesi belajar mereka.
3.      Berikan petunjuk yang jelas yang memandu siswa untuk belajar dan menjelaskan materinya dengan cermat. Sertakan arahan semacam ini:
·         Jelaskan isinya.                              .
·         Buatlah contoh, ilustrasi, atau penerapan informi atau gagasan itu.
·         Kenali hal-hal yang membingungkan atau  tidak kalian setujui.
·         Bantahlah apa yang ada dalam teks, buatlah sudut pandang yang bertentangan.
·         Nilailah seberapa balk kalian memahami materinya.

Berikut adalah salah satu contohnya:
Langkah-langkah Penyadaran Serangan Jantung (CPR)
a.      Perhatikan keadaan.
b.     Periksa ketidakresponsifannya
c.      Carilah bantuan.
d.     Bukalah saluran pernafasan.
e.      Lihat, dengarkan, dan rasakan pernafasan si korban.
f.      Berikan napas bantuan dua kali.
g.     Periksa denyut nadi.
h.     Lakukan penekanan dada sebanyak 15 kali (jika korbannya dewasa), dan kemudian berikan nafas bantuan dua kali.
i.       Ulangi tiga kali.
j.       Periksa kembali denyut nadinya. Jika tidak ada, kembali ke langkah d.

Diskusikan tiap langkah.
Berikan ilustrasi dari tiap langkah.
Langkah manakah yang kalian ingin saya menjelaskan atau mempraktikannya?

Berikut ini adalah contoh yang lain:
Dasar-dasar Impresionisme

     A.    Impersonalitas:
Si seniman memang tidak tertarik dengan subyeknya dan menciptakan gambar tanpa melibatkan perasaannya.

                        Diskusikan.
                        Berikan contoh.
            Seberapa baik anda memahami konsep ini? 1,2,3,4,5

B. Cahaya: Seniman berupaya menciptakan ilusi bentuk-bentuk yang bermandikan cahaya dan atmosfer, yang mana memerlukan pengkajian cahaya sebagai sumber warna.                    
             Diskusikan.
            Berikan contoh.
            Seberapa baik anda memahami konsep ini?

C.  Persepsi: Seniman mencatat sensasi warnan sendiri. bukannya menggambar dan sebagaimana kita melihatnya dengan mata.
            Diskusikan.
            Beri contohnya
            Seberapa baik anda memahami konsep ini?
4.      Berikan tugas kepada anggota kelompok, misalnya Sebagai fasilitator. pengatur waktu. pencatat atau juru bicara (baca "Sepuluh Alternatif dalam Memilih Ketua Kelompok dan Mengisi Tugas Lain," halaman 33).
5.    Perintahkan siswa untuk kembali ke posisi semula dan lakukan salah satu atau beberapa hal berikut ini:
·          Membahas materi secara bersama.
·          Beri siswa pertanyaan kuis.
·          Dapatkan pertanyaannya.balik
·          Perintahkan siswa untuk menilai seberapa mereka memahami materi.
·          Sediakan latihan penerapan atau kuls bagi siswa untuk menguji pemahaman mereka


VARIASI
1.      Jangan membentuk sub-sub kelompok. Baca keras materinya bila seluruh siswa sedang dalam semangat "kelompok kajian kitab sucl." Hentikan membacanya untuk kemudian menjawab pertanyaan siswa, mengalukan pertanyaan anda sendiri, atau menjelaskan naskahnya.

2.      Jika jumlah siswanya cukup besar, buatlah empat atau enam kelompok belajar. Pasangkan kelompok-kelompok belajar itu dan mintalah mereka untuk membandingkan catatan dan membantu satu sama lain.




0 Response to "Kelompok Belajar"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr