PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Jurnal Belajar


URAIAN SINGKAT
Bila siswa diminta untuk menggambarkan secara tertulis pengalaman belajar yang telah mereka jalani mereka akan terdorong untuk menyadari apa yang mereka alami dan mampu mengungkapkan secara tertulis. Tehnik yang banyak digunakan dalam hal ini adalah jurnal belajar, sebuah catatan reflektif atau diari yang dibuat oleh siswa dari hari ke hari.

PROSEDUR
1.      Jelaskan kepada siswa bahwa pengalaman tidak mesti merupakan guru terbaik dan bahwa sangatlah penting untuk merenungkan kembali pengalaman guna menyadari pelajaran apa yang kita dapatkan dari pengalaman itu.
2.      Perintahkan siswa untuk membuat jurnal tentang refleksi dan pembelajaran mereka.
3.      Sarankan agar mereka menulis, dua kali seminggu, sebagian dari apa yang mereka pikirkan dan rasakan tentang hal-hal yang mereka pelajari. Katakan pada mereka untuk mencatat semua komentar itu sebagai catatan pribadi (tanpa khawatir dengan kesalahan eja tata bahasa, dan tanda baca).
4.      Perintahkan siswa untuk berfokus pada beberapa semua kategori berikut ini:
·         Apa yang belum jelas bagi mereka atau apa yang mereka tidak setujui.
·         Bagaimana kaitan antara pengalaman belajar dengan kehidupan pribadi mereka.            
·         Bagaimana pengalaman belajar terrefleksikan dalam hal-hal lain yang mereka baca, lihat dan kerjakan.
·         Apa yang telah mereka amati tentang diri mereka dan orang lain semenjak merasakan pengalaman belajar.
·         Apa yang mereka petik dari pengalaman belajar. Apa yang hendak mereka kerjakan sebagai hasil dari pengalaman belajar.
5.      Kumpulkan, baca, dan komentari jumal tersebut secara berkala agar siswa menjadi merasa bertanggungjawab untuk menyimpannya dan agar anda dapat menerima umpan balik tentang hasil belajar mereka.

VARIASI
1.      Sebagai alternatif dari pemberian buku catatan kosong, siswa bisa disediakan formulir terstruktur untuk menyusun entri jurnal mereka.

2.      Perintahkan siswa untuk menulis selama pelajaran langsung, bukannya setelah selesai pelajaran.


0 Response to "Jurnal Belajar"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr