PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Imajinasi


Uraian singkat
Melalul imaji visual, siswa dapat menciptakan gagasan mereka sendiri. Imaji cukup efektif sebagai suplemen kreatif dalam belajar bersama. Cara ini juga bisa berfungsi sebagai papan loncat menuju proyek atau tugas independen yang pada awalnya mungkin tampak membuat siswa kewalahan.

PROSEDUR
1.      Perkenalkan topik yang akan dibahas. Jelaskan kepada siswa bahwa mata pelajaran ini menuntut kreativitas dan bahwa penggunaan imaji visual dapat membantu upaya mereka.
2.      Perintahkan siswa untuk menutup mata, Perkenalkan latihan relaksasi yang akan membersihkan pikiran-pikiran yang ada sekarang dan benak siswa. Gunakan musik latar, lampu temaram, dan pernafasan untuk bisa mencapai hasilnya.
3.      Lakukan latihan pemanasan untuk membuka “mata batin” mereka. Perintahkan siswa, dengan mata mereka tertutup, untuk berupaya menggambarkan apa yang terlihat dan apa yang terdengar, misalnya ruang tidur mereka, lampu lalulintas sewaktu berubah wama, dan rintik hujan.
4.      Ketika para siswa merasa rileks dan terpanaskan (setelah latihan pemanasan), berikanlah sebuah imaji untuk mereka bentuk. Saran-sarannya meliputi:
·         Pengalaman masa depan
·         Suasana yang asing
·         Persoalan untuk dipecahkan
·         Sebuah proyek yang menanti untuk dikenakan
Sebagai contoh, seorang guru membantu siswa menyiapkan sebuah wawancara kerja. Siswa diberi pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang kamu kenakan? 
  • Jam berapakah sekarang? 
  • Seperti apa sih kantor itu? 
  • Kursi seperti apakah yang kamu duduki itu? 
  • Di manakah posisi duduk si pewawancara? 
  • Seperti apakah si pewawancara itu? 
  • Apa yang kamu. rasakan? 
  • Apa yang ditanyakan pewawancara kepada kamu? 
  • Bagaimana kamu menjawabnya?
5.   Sewaktu menggambarkan imajinya, berikan selang waktu hening secara reguler agar siswa dapat membangun Imaji visual mereka sendiri. Buatlah pertanyaan yang mendorong penggunaan semua indera, semisal;
  • Seperti apakah rupanya? 
  • Siapa yang kamu lihat? Apa yang mereka lakukan? 
  • Apa yang kamu rasakan?
6.   Akhiri pengarahan imaji dan instruksikan siswa untuk mengingat Imaji mereka. Akhiri latihan itu dengan perlahan.
7.   Perintahkan siswa untuk membentuk kelompok-kelompok kecil dan berbagi pengalaman imaji mereka Perintahkan mereka untuk menjelaskan imaji mereka satu sama lain dengan menggunakan sebanyak mungkin penginderaan. Atau perintahkan mereka untuk enuliskan apa yang mereka imajinasikan.

VARIASI
1.      Setelah siswa mengingat kembali bagaimana mereka akan bertindak dalam situasi tertentu, perintahkan mereka untuk merencanakan bagaimana mereka akan benar-benar bertindak berdasarkan apa yang mereka pikirkan.

2.      Lakukan latihan Imaji di mana siswa mengalami kegagalan. Selanjutnya perintahkan mereka untuk membayangkan atau mengimajinaslkan sebuah keberhasilan.


0 Response to "Imajinasi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr