PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Hukum I Newton


Sebuah buku yang terletak di atas meja akan tetap berada pada posisinya selama tidak ada gaya yang diberikan padanya. Kursi dan meja pada ruang tamu akan tetap berada pada posisinya jika tidak ada orang yang mendorongnya. Dua tim yang sedang tarik tambang, jika kedua tim memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah, maka tidak ada perubahan dari gerak. Begitu pula bola kaki yang terletak pada lapangan sepak bola akan tetap berada pada posisinya selama tidak ada pemain yang menendangnya.

Dari gejala-gejala yang telah dikemukakan terlihat setiap benda memiliki kecendrungan untuk mempertahankan keadaannya selama tidak ada gaya luar yang bekerja padanya. Newton menyatkan hukum pertamanya menyatakan yaitu:

Setiap benda kontinu akan tetap dalam keadaan diamnya atau bergerak dengankecepatan konstan dalam suatu garis lurus kecuali jika benda tersebut dipaksa untuk mengubah keadaannya dengan gaya gaya yang beraksi padanya atau resultan gaya yang bekerja padanya = nol.


Jika dirumuskan secara matematis akan berbentuk:


Hukum ini sering disebut Hukum Kelembaman (Inersia). Kelembaman adalah suatu sifat atau kecendrungan suatu benda untuk melawan keadaannya dari gerak dan mempertahankan kedudukannya. Benda yang mempunyai massa lebih besar akan memiliki kelembaman yang lebih besar sehingga diperlukan gaya yang lebih besar untuk mengubah keadaannya. Ini berarti ada suatu kecendrungan alam dari benda untuk mempertahankan keadaannya jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda itu.







0 Response to "Hukum I Newton"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr