PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Macam-Macam Sel Darah

  • Sel Darah Merah                            

Bentuk sel darah merah (eritrosit) pipih, cekung dibagian tengah (bikonkav), tidak berinti. Butiran darah merah mengandung hemoglobin (Hb), yaitu suatu protein (globin) yang berkombinasi dengan senyawa hemin yang mengandung besi. Fungsi utama hemoglobin ialah mengangkut oksigen (O2) dari paru-paru ke seluruh tubuh.  Sel darah merah dibentuk oleh sumsum merah tulang pipih. Pada manusia, terdapat sekitar ± 3 triliun eritrosit dalam peredaran darah. Dalam setiap mm3  darah pria dewasa terdapat ± 5,4 juta eritrosit dan pada wanita terdapat ± 4,8 juta eritrosit. Usia eritrosit 120 hari. Eritrosit yang telah rusak akan diuraikan di hati, limpa, dan sumsum tulang belakang oleh makrofag. 

Eritrosit




  • Sel Darah Putih
Sel darah putih (leukosit) tidak berwarna, bersifat bening, mempunyai inti sel bulat ataupun cekung, bentuknya tidak tetap, geraknya seperti Amoeba dan dapat menembus dinding kapiler, sel leukosit mengandung butiran- butiran (granula). Fungsi utama sel darah putih adalah memakan kuman penyakit sehingga disebut fagosit. Ukuran leukosit lebih besar dari sel merah, tetapi jumlahnya lebih kecil. Secara normal, jumlah leukosit per mm3 darah ± 5000- 10.000. Berdasarkan butiran (granula) yang terdapat pada selnya, sel darah putih dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.       Granulosit. Sel darah putih yang bergranula (memiliki sitoplasma berbutir-butir spesifik dan inti besar). Granulosit dapat dibedakan menjadi 3, yaitu Netrofil, Eosinofil dan Basofil
b.      Agranulosit. Sel darah putih yang sitoplasmanya tidak memiliki granula. Sel darah yang tidak bergranula ini dibedakan menjadi dua, yaitu limfosit dan monosit.


Leukosit




  • Keping-keping Darah atau Trombosit
Trombosit bentuknya tidak teratur, tidak berinti, dan berukuran kecil, Dalam tiap satu mm3 darah terdapat ± 250.000 keping darah. Trombosit mempunyai sifat mudah pecah jika tersentuh oleh benda yang permukaannya kasar. Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah, sehingga disebut sel darah pembeku. Darah terdiri atas banyak komponen. Tiap komponen mempunyai fungsi tertentu, yaitu :
1.      Sebagai alat pengangkut
a.       Sel-sel darah merah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jantung dan ke seluruh sel-sel tubuh.
b.      Plasma darah mengangkut
1.    Sari makanan dari usus ke hati kemudian ke seluruh tubuh.
2.      Karbon dioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru.
3.      Urea dari hati ke ginjal untuk dikeluarkan.
4.      Hormon dari kelenjar hormon ke seluruh tubuh.
2.      Membunuh kuman-kuman penyakit. Yang bertugas membunuh kuman penyakit adalah leukosit. Caranya dengan membentuk antibodi.
3.      Melakukan pembekuan darah. Dalam proses pembekuan darah yang berperan penting adalah trombosit.
4.      Menjaga kestabilan suhu tubuh. Suhu tubuh manusia tetap, berkisar 37oC, walaupun suhu lingkungan meningkat atau menurun. Hal ini dimungkinkan karena penyebaran energi panas secara merata dilakukan oleh darah. Peristiwa menggigil pada saat kedinginan, dan berkeringat pada saat kepanasan merupakan mekanisme untuk menjaga kestabilan suhu tubuh




0 Response to "Macam-Macam Sel Darah"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr