PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS DALAM RANGKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E

Fitra Netti1 dan Yulkifli2
1SMPN 2 Candung- Kab. Agam
2Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang


ABSTRAK

Salah satu penyebab rendahnya hasil pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran fisika         adalah karena kurang berkembangnya kemampuan peserta didik baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Maka  untuk mengatasi permasalahan ini guru perlu mencarikan solusinya. Salah satu alternatif solusinya adalah dengan penerapan model  Learning Cycle 5E. Kelebihan model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah: (1) merangsang peserta didik untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya, (2) memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menjadi lebih aktif dan menambah rasa keingintahuan, (3) melatih peserta didik belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen, (4) melatih peserta didik untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari,(5) memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, mencari, menemukan, dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari, (6) guru dan peserta didik menjalankan tahapan-tahapan pembelajaran yang saling mengisi satu sama lainnya, (7) guru dapat menerapkan model ini dengan metode yang berbeda-beda.

              Penulisan makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Identifikasi permasalahan dilakukan penyebaran angket terhadap peserta didik. Angket ini dikembangkan berdasarkan sintak Learning Cycle 5E. Dari hasil angket yang telah yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: kurangnya  motivasi peserta didik peserta didik  dalam pembelajaran fisika, pemahaman konsep peserta didik masih kurang, rendahnya kompetensi peserta didik baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor, pembelajaran terfokus pada guru, metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan hasil angket ini maka penerapan model   Learning Cycle 5E sangat cocok digunakan digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran.



Link:

 

0 Response to "IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS DALAM RANGKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr