PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

ANALISIS TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA FISIKA SISWA SMP/MTS PERSERTA LOMBA FISIKA DI SUMATERA BARAT TAHUN 2010

ABSTRAK
ANALISIS TERHADAP  PENGUASAAN  MATERI  IPA  FISIKA  SISWA SMP/MTS PERSERTA  LOMBA  FISIKA  DI  SUMATERA BARAT TAHUN2010
Oleh : Akmam, Amran Hasra,Yurnetti

Prestasi siswa Indonesia dalam  Olimpiade Fisika yang memperoleh medali, baik medali perunggu, medali perak, maupun medali emas, belum dapat dijadikan sebagai indikator tingkat pemahaman siswa terhadap IPA Fisika Indonedia secara umum, termasuk siswa SMP/MTs di Sumatera Barat. Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNP setiap tahun juga mengadakan lomba IPA Fisika untuk siswa SMP/MTs di Sumatera Barat, namun sampai saat ini belum terlihat kenaikan yang segnifikan terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa di Sumatera Barat.  Berdasarkan hal ini di atas, dengan asumsi instrumen yang digunakan pada lomba IPA Fisika telah valid dan reable, dilaksanakanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi IPA Fisika siswa SMP/MTs di Sumatera Barat  dan  mengetahui perbandingan mengguasaan materi Lomba Fisika setiap SMP dengan MTs di Sumatera Barat
Populasi  penelitian deskriptif ini adalah siswa peserta Lomba Fisika ke-8 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika tahun 2010, berjumlah 607 orang berasal dari 47 SMP/MTs di Sumatera Barat. Melalui teknik  porpusive sampling  diperoleh sampel sebanyak 471 orang yang berasal dari 30 SMP/MTs di Sumatera Barat.  Data penelitian ini adalah adalah  sekunder.  Data dianalisa menggunakan uji anova untuk menguji perbedaan rata-rata variabel  bebas.  Untuk mengetahui signifikasi perbedaan rata-rata adalah dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel.  Analisa data yang digunakan adalah anova satu arah bebas sebaran
Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata yang diperoleh adalah 16,13 dengan standard deviasi 3,83, serta standard kesalahan 0.18.  Varians dari skor yang diperoleh peserta fisika 2010 adalah homogen.  Hasil statistika anova satu arah bebas konfigurasi diperoleh Fhitung = 2.61 dan  Ftabel (a = 0.05) = 1.49.  Ternyata harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (2,608 > 1,49) yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang berarti skor rata-rata yang diperoleh siswa SMP/MTs peserta lomba fisika se Sumatera Barat yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Fisika Jurusan Fisika FMIPA UNP 2010.  Berdasarkan analisa Turkey diketahui bahwa skor rata-rata siswa hasil lomba IPA Fisika siswa SMP  berbeda secara nyata dengan semua perserta dari SMP di Sumatera Barat.


         Kata Kunci:  Penguasaan ,  Fisika, Lomba,  siswa SMP/MTs


Link:

 

0 Response to "ANALISIS TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA FISIKA SISWA SMP/MTS PERSERTA LOMBA FISIKA DI SUMATERA BARAT TAHUN 2010"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr