PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulus Endoplasma Halus dan Kasar

RE terdiri dari jejaring tubulus dan kantung bermembran yang disebut sisterna. Membran RE memisahkan kompartemen internal RE disebut lumen RE / ruang sisterna dari sitosol. Karena membran RE tersambung dengan membran nukleus, ruang diantara kedua membran pada membran nukleus tersambung dengan lumen RE.
Ada dua wilayah pada RE yang berbeda dalam hal struktur dan fungsi, walaupun saling terhubung; RE halus dan RE kasar. RE halus diberi nama demikian karena di permukaan luarnya tidak terdapat ribosom. Ribosom terdapat di permukaan luar RE kasar menyebabkan RE ini tampak kasar dibawah mikroskop elektron
Komponen kimiawi RE terdiri dari protein,  membran RE berupa glikoprotein. Protein-protein tersebut berupa enzim dan rantai molekul pembawa electron

RE halus berfungsi dalam proses metabolik, antara lain; sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, penyimpanan Ca2+ serta detoksifikasi obat- obatan dan racun dan RE kasar berfungsi membantu sintesis protein sekresi dan berbagai protein lain dari ribosom terikat, menambahkan karbohidrat ke glikoprotein dan menghasilkan membran baru.



[Note Pandani] 

0 Response to "Pengertian Retikulum Endoplasma (RE)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr