PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Peroksisom


Organel ini ditemukan pada sel hewan, protozoa,  tanaman terutama pada sel yang melakukan photosintetis,  alga, jamur, lumut dan paku-pakuan. Ukuran  dari peroksisom bervariasi, membrannya single terdiri dari lipid dan protein, core berbentuk cristaloid  dan pada tumbuhan  mengandung enzim enzim katalase, sedangkan pada hewan misalnya sel liver dari tikus mengandung enzim urate oksidase .
Struktur  peroksisom diselaputi membrane, mengandung kristaloid pada bagian tengah  yang mengandung enzim katalase dan .enzim dalam metabolisme lemak. Fungsi peroksisom mirip dengan mitokondria yaitu mempunyai kemampuan  menggunakan oksigen untuk oksidasi

Pada peroksisom ditemukan gugus flavin untuk pengganti sitokrom yang  terdapat pada mitokondria. Gugus flavin, NADH, NADPH, Co enzim berperan dalam reduksi dan oksidasi substrat.  H2O2 yang terbentuk setelah pengikatan oksigen segera diuraikan oleh katalase yang ada pada peroksisom dan glioksisom.       

[Note Pandani] 

0 Response to "Pengertian Peroksisom"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr