PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

ilustrasi
Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan kelompok kecil sebagai mana pendapat Solihatin (2008:4) bahwa:
Cooperative learning mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang tediri dari dua orang atau lebih dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.

Berdasarkan kutipan di atas terlihat bahwa pembelajaran kooperatif dilakukan oleh  dua orang atau lebih dalam kelompok  yang dapat saling bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan bersama, dimana keberhasilan kelompok dipengaruhi oleh kerja anggota kelompok masing-masing. Sebagaiman yang juga dikemukakan oleh Nurhayati dalam Rusman (2012 : 203) dalam kegiatan pembelajaran ini peserta didik memiliki dua tanggung jawab yaitu tanggung jawab untuk dirinya sendiri dan tanggung jawab untuk kelompok. Peserta didik bekerja sama untuk memahami dan menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga nantinya mereka dapat melakukannya secara mandiri. 

0 Response to "Pengertian Pembelajaran Kooperatif "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr