PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PENGEMBANGAN MODUL BILINGUAL BERORIENTASI COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR HITUNG DIFERENSIAL

I Nyoman Arcana*)
*) Staf Pengajar Kalkulus pada  Prodi Pendidikan Fisika FKIP
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Jl. Kalijudan 37, Surabaya 60114, Indonesia.

Abstrak
Rendahnya prestasi belajar Kalkulus  bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unika Widya Mandala Surabaya  diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya: mahasiswa yang mengikuti kuliah adalah mahasiswa  tahun pertama, kurang mampu membaca buku teks kalkulus, terutama teks yang berbahasa Inggris, dan belum terlatihnya mahasiswa menerapkan cooperative learning. Penelitian  pengembangan ini bertujuan membuat modul bilingual yang berorientasi cooperative learning pada pembelajaran kalkulus diferensial. Diharapkan modul ini mampu menghilangakan penyebab rendahnya prestasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan buku ajar.  Pengembangan dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unika Widya Mandala Surabaya. Sesuai dengan ketentuan pemakaian metode penelitian ini, maka modul telah melalui validasi ahli dan uji lapangan. Tetapi uji lapangan yang dilakukan hanyalah unji lapangan awal. Hasil penelitian berupa modul pembelajaran yang diberi judul Seri Modul Kalkulus Pendekatan Bilingual & Cooperative Learning: MEMAHAMI KONSEP KALKULUS DIFERENSIAL. Modul ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar Kalkulus Diferensial, meningkatkan kemampuan membaca Kalkulus  dalam Bahasa Inggris dan   kemampuan dalam cooperative learning. Keistimewaan dari buku ini adalah tanpa disadarinya kemampuan bahasa Inggris mahasiswa meningkat.


Kata kunci: hitung diferensial, bilingual, cooperative learning.

Sumber:
 

0 Response to "PENGEMBANGAN MODUL BILINGUAL BERORIENTASI COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR HITUNG DIFERENSIAL"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr