PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengaruh Perendaman dan Pencucian Sediaan Media Serbuk Gergaji Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleorotus ostreatus L.)

Dr.phil.nat. Periadnadi
Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang “Pengaruh Perendaman dan Pencucian Sediaan Media Serbuk Gergaji Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus L.)  Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan, yaitu kontrol (tanpa perendaman dan pencucian), 1 hari perendaman dengan pencucian, 2 hari perendaman diselingi pencucian, 3 hari perendaman diselingi pencucian, perendaman dengan air panas mendidih dengan pencucian, dan pencucian dengan air keran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lama pertumbuhan vegetatif  tercepat, rata-rata diameter tudung buah terlebar dan berat basah tubuh buah tertinggi dicapai pada perlakuan perendaman dengan air panas mendidih dengan pencucian. Lama pertumbuhan vegetatif terlama adalah perlakuan pencucian dengan air keran, rata-rata diameter tudung buah terkecil  adalah perlakuan 1 hari perendaman dengan pencucian, dan berat basah tubuh buah terendah  adalah perlakuan 1 hari perendaman dengan pencucian.





Sumber:
 

0 Response to "Pengaruh Perendaman dan Pencucian Sediaan Media Serbuk Gergaji Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleorotus ostreatus L.)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr