PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

GEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING BERDASARKAN GAMBAR UNTUK MATERI POKOK JAMUR DI SMA *

Anizam Zein,** Erni Novriyanti **, Shinta Pspita***

ABSTRAK


Lembar kegiatan siswa (LKS) merupakan lembar kerja yang berisikan petunjuk, daftar tugas, bimbingan bagi siswa untuk melakukan kegiatan,  mencatat hasil pengamatan serta berisi pengarahan untuk mengambil kesimpulan. LKS idealnya dibuat oleh guru karena guru yang paling memahami keadaan siswa. Selama ini yang  di lapangan belum ada LKS untuk materi pokok jamur terutama yang berbasis problem solving berdasarkan gambar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS berbasis problem solving berdasarkan gambar beserta kuncinya dengan melihat validitas, keterlaksanaan LKS dan respons siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D dimodifikasi dari  Thiagarajan  yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Subjek uji coba LKS adalah siswa SMA Negeri 2 Sungai Tarab kelas X1. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari  validitas LKS, keterlaksanaan dan respons siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa LKS Biologi SMA berbasis problem solving berdasarkan gambar untuk materi pokok jamur. Validitas LKS yang dihasilkan berkategori baik. Hasil validasi diperoleh nilai rata-rata baik (3,16). Pengamatan terhadap keterlaksanaan LKS berkategori sangat baik (3,57). Respons siswa setelah kegiatan uji coba secara umum positif, dalam arti LKS menarik, baru, jelas, dan menimbulkan minat siswa dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah teruji validitasnya dengan kategori baik.

*     Disampaikan pada Seminar Nasional MIPA dan pendidikan MIPA pada tanggal 19-20 November 20011 di FMIPA UNP Padang
**   Staf Pengajar Biologi FMIPA UNP Padang

*** Alumni Biologi FMIPA Padang


Sumber:
 

0 Response to "GEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING BERDASARKAN GAMBAR UNTUK MATERI POKOK JAMUR DI SMA *"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr