PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Fitri Irma Deni: "Pengaruh Penggunaan Handout dalam Metode Belajar SQR3 pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2009/2010".



 ABSTRAK

Dari kenyataan di sekolah, proses pembelajaran masih banyak terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, antara lain dengan cara menggunakan handout dalam metode belajar Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQR3) pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout dalam metode belajar SQR3 pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok tahun pelajaran 2009/2010. Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh penggunaan handout dalam metode belajar SQR3 pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok tahun pelajaran 2009/2010.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun 2009/20109 sebanyak 5 kelas, sedangkan sampel adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control-group postest only design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian.Teknik analisis data uji t dengan kriteria thitung > ttabel, maka hipotesis diterima dan sebaliknya.
Dari analisis data, didapatkan thitung adalah 2,07 dan ttabel adalah 1,68 dengan demikian thitung > ttabel. Ini berarti hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penggunaan handout dalam metode belajar SQR3 pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok tahun pelajaran 2009/2010.

0 Response to "Fitri Irma Deni: "Pengaruh Penggunaan Handout dalam Metode Belajar SQR3 pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2009/2010"."

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr