PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

EVA SUSANTI : "Pengaruh Penggunaan Hand Out dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010".




ABSTRAK

Rendahnya nilai rata-rata hasil belajar biologi di SMP Negeri 7 Padang tidak lepas dari pembelajaran yang dilaksanakan guru. Penggunaan media dan metode mengajar yang kurang bervariasi menyebabkan siswa tidak merasa tertarik mempelajari biologi. Oleh karena itu, sebagai motivator guru dituntut untuk lebih memotivasi dan juga menyediakan fasilitas agar siswa bisa belajar aktif. Salah satu metode yang dapat digunakan guru adalah penggunaan hand out dalam model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan hand out dalam model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control group posttest only design, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Kelas sampel adalah kelas VII.6 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terlihat bahwa kelas eksperimen yang menggunakan hand out dalam model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing memiliki rata-rata (74,6) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan hand out (66,6). Hasil uji hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 dan dk 62, didapatkan harga thitung > ttabel yaitu 3,92 > 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan hand out dalam model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing berpengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang.

0 Response to "EVA SUSANTI : "Pengaruh Penggunaan Hand Out dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010"."

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr