loading...

Penyakit dan Gangguan Pada Hati

loading...
1) Hepatitis atau radang hati
Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh kebiasaan mengomsumsi minuman beralkohol dan menggunakan obat-obatan yang berdosis tinggi. Hepatitis juga dapt terjadi karena inveksi virus hepatitis. Radang hati ini dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi pada organ tubuh yang lain.

Macam-macam hepatitis sebagai berikut:

a) Hepatitis A

Hepatitis A terjadi akibat adanya kerusakan pada jaringan organ haati yang terjadi secara mendadak. Kerusakan ini disebabkan oleh virus hepatitis A yang biasa ada di air yang kotor.

b) Hepatitis B

Hepatitis B terjadi akibat adanya kerusakan pada jaringan hari yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa. Pada umumnya penyakit ini muncul akibat dari kekebalan tubuh yang menurun. Hepatitis B dapat menular melali kondak darah, keringan, dan air liur.

c) Hepatitis C


Hepatitis C terjadi akibat adaanya kerusakan pada jaringan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Penyaakit ini biasanya ditularkan csecara langsung dari saru orang ke orang lain melalui darah, jarum suntuk, atau ibu hamil kepada janinnya.

Penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut:
  • Letih, lemah, lesu, dan nyeri otot.
  • Demam ringan
  • Mual, nafsu makan menurun, dan tubuh menguning (mata dan kulit menguning)
  • Air kencing brwarna gelap, kotoran pucat, kadang-kadang timbul gejala flu ringan.

2) Penyakit kuning (jaundice)

Penyakit ini disebut sebagai jaundice karena gejala awalnya ditandai dengan warna kulit dan mata menjadi kuning. Penyakit ini merupakan gejala awal yang menunjukkan adanya gangguan pada hati, penyumbatan saluran empedu atau adanya gangguan pada metabolisme bilirubin. Gejala penyakit ini diantaranya mata dan kulit berwarna kungi, terjadi demam, cepat lelah, pusing, dan kadang disertai pingsan. Kulit dan mata menjadi kuning karena bilirubin dalam tubuh meningkat.

3) Sirosis hati (pengerasan organ hati)
Penyakit ini ditandai oleh kerusakan pada sel-sel hati yang disebabkan oleh kebiasaan mengomsumsi obat-obatan atau minuman beralkohol. Selain itu penyakit ini juga dapat diakibatkan infeksi virus atau bakteri, adanyaa sel tumor atau kanker serta adanya penumpukan racun dalam tubuh yanh berlebihan. Gejalanya sebagai berikut:

a) Perut tegang dan banyak angin, nyeri pada daerah ulu hati.
b) Perut mengeras dan membesar.
c) Demam, meriang, dan tubuh sulit di gerakkan.
loading...

0 Response to "Penyakit dan Gangguan Pada Hati"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr