loading...

Gangguan Dan Kelainan Pada Kulit

loading...
Berikut ini adalah jenis-jenis gangguan dan kelainan pada kulit

a. Xerosis

Xerosis merupakan keadaan kulit yang tampak kering dan kasar. Keadaan ini terjadi pada seluruh tubuh terutama pada tungkai bawah yang di akibatkan oleh kelembapan kulit yang rendah. Xerosis ini mencerminkan adanya kelainan pada proses maturasi dari epidermis sehingga akan menghasilkan suatu permukaan kulit yang tidak rata. Peradangan ini disebabkan adanya kelainan pada lapisan tanduk.

b. Lentigo

Lentigo ditandai dengan bercak-bercak hiperpigmentasi pada kulit, berwarna cokelat hitam. Jika bercak ini terdapat pada kulit yang terkena sinar matahari, disebut solar lentigo. Apabila bercak ini terdapat pada orang tua, bercak tersebut tidak dapat hilang. Akan tetapi, jika bercak tersebut muncul pada kulit orang muda, bercak dapat hilang jika terkena sinar matahari. Lentigo yang muncul pada orang muda disebut freckles.

c. Kanker kulit


Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel-sel kulit yang bersifat ganas. Kanker ini dapat diakibatkan oleh:
  • Terpaparnya bahan bahan tertentu secara kumulatif
  • Menurunya daya tahan kulit.
  • Berkuranganya melanosit.

d. Eksim atau dermatitis

Eksim ditandai dengan kulit meradang dan mengalami iritasi yang umunya terjadi di bagian tangan dan kaki. Eksim pada orang yang berkulit putih akan tampak berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu, eksim pada kulit gelap akan tampak lebih gelap sehingga memengaruhi pigmen kulit. Eksim ini apabila dibiarkan dapat menimbulkan rasa gatal dan memicu terjadinya infeksi. Oleh karena itu, eksim perlu diobati untuk menghilangkan rasa gatal.

e. Scabies

Scabies merupakan penyakit yang diakibatkan oleh reaksi alergi terhadap tungau. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa gatal pada malam hari, tampak lepuh-lepuh kecil dan terjadi abrasi yang dikarenakan garukan dan goresan pada ruam. Penyakit ini dapat menular melalui kontak kulit, tidur seranjang, dan menggunakan handuk yang sama dengan orang yang terinfeksi.

f. Kusta atau lepra

Kusta merupakan penyakit infeksi kronis pada kulit yang di akibatkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini apabila tidak segera di tangani dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, saraf, anggota gerak, dan mata.

g. Jerawat

Jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit dari kelenjer minyak yang berlebih yang menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Kondisi ini mengakibatkan kulit menjadi meradang. Bagian tubuh yang mudah terkena jerawat yaitu wajah, dada dan punggung.
loading...

0 Response to "Gangguan Dan Kelainan Pada Kulit"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr