PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Kualitas Kompetensi Guru sangat rendah, Nilai rata-rata UKG hnya 47

JAKARTA - Kualitas guru di kabupaten/kota di luar Jawa masih memprihatinkan. Berdasarkan data dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kemendikbud, sebanyak 1.611.251 guru hanya memperoleh rata-rata nilai uji kompetensi guru (UKG) sebesar 47.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 88 persennya di kabupaten/kota di luar Jawa nilainya di bawah 47," ungkap Kepala BPSDMPK dan PMP Kemendikbud Syawal Gultom dalam keterangannya, Rabu (1/4).

UKG, jelasnya, merupakan ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content guru.

Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi, bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Juga sesuai dengan kualifikasi akademik guru, bagi guru yang belum bersertifikat pendidik.

Foto ilustrasi dok.JPNN

"Melalui diklat tatap muka konvensional, semua guru akan selesai dilatih pada 2072. Kemendikbud juga akan melakukan percepatan dengan Diklat Interaktif Online (DIO). Selama September sampai Desember 2014, sebanyak 1.849.742 guru sudah uji coba penilaian kinerja online," beber Syawal.

Sumber: JPNN

0 Response to "Kualitas Kompetensi Guru sangat rendah, Nilai rata-rata UKG hnya 47"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr