Loading...

Hati-Hati!!! Mengasah Batu Akik Bisa Picu ISPA dan TBC

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengingatkan pengasah batu akik agar menggunakan masker ketika mengasah batu akik.

"Seluruh pengasah batu akik di Kota Pariaman agar menggunakan masker atau penutup hidung. Asahan batu tersebut menimbulkan debu dan serpihan-serpihan lainnya yang beterbangan," kata Kepala Dinkes Pariaman, Yutiardi Rivai di Pariaman, Senin (02/03).

Ia menjelaskan tidak saja pengasah batu akik, namun bagi orang yang menunggu batunya diasah juga disarankan menggunakan masker.

"Kalau tidak memakai alat penutup hidung, bisa menyebabkan terjangkitnya ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Akut) atau Tubercolosis (TBC). Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menyatakan pencita batu akik di Kota Pariaman, akhir-akhir ini meningkat. "Para pengasah batu akik juga bermunculan di berbagai tempat, baik itu di pinggir jalan, toko, di teras rumah ataupun di pasar-pasar," katanya.

Ia menjelaskan munculnya pengasah batu di Pariaman terbukanya lapangan pekerjaan di Kota Pariaman. "Kami melihat hal ini cukup potensial dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Sumber: rimanews
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Hati-Hati!!! Mengasah Batu Akik Bisa Picu ISPA dan TBC"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-