Loading...

Ini Makna Hari Guru bagi Anies Baswedan

   
Menbuddikdasmen: Anis Baswedan
Jakarta - 24 November bertepatan dengan perayaan Hari Guru. Usai upacara peringatan, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan memberikan pandangannya terhadap makna peringatan hari guru tersebut bagi bangsa Indonesia.

"Dalam perjuangan yang telah dilakukan pada jaman perjuangan dahulu, pelajar dan guru adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Karena itu, kita hari ini sama-sama memberikan penghormatan atas perjuangan itu," ujar Anies seusai upacara di TMP Kalibata, Senin (24/11/2014).


Anies juga berharap dalam peringatan ini, para guru dan masyarakat Indonesia dapat memperjuangkan apa yang telah dilakukan para murid dan guru yang telah menjadi pendahulu kita.

"Harapannya, mudah-mudahan ke depan kita dapat memperjuangkan apa yang telah mereka lakukan dulu," ungkap Anies.

Demikian pula tantangan ke depan yang akan diemban para guru masa kini. Anies berpesan, walaupun bentuk perjuangannya telah berbeda, namun semangat yang dibawa harus tetap sama. "Tantangannya beda sekali, tapi semangat yang harus dibawa sama," sambungnya.

‎Anies menambahkan, saat ini seluruh bangsa harus memuliakan ‎para guru, karena berkat jasa guru, kita dapat berdiri di posisi dan profesi yang bersama-sama dijalani.

"Guru inilah yang membuat kita semua berada di posisi sekarang, mereka yang mengerjakan begitu banyak profesi karena guru. Kita sebagai bangsa memiliki tanggung jawab moral, tidak hanya menghormati tapi juga melakukan sesuatu untuk guru," kata Anies.

Anies juga berpesan kepada para guru, bahwa menjadi guru bukanlah pengorbanan, namun sebuah penghormatan. Karena guru merupakan tempat awal pembentukan karakter seseorang selain orangtua yang berada di rumah.

"Jadi saya selalu sampaikan, menjadi guru itu berat, namun bukan pengorbanan melainkan sebuah penghormatan, karena guru mewakili kita semua di depan kelas, mendidik dan menyiapkan masa depan. Dan ini, kita harapkan seluruh bangsa untuk menghormati," ungkap Anies.

"Jadi kalau anda punya usaha,berikan keringanan pada guru, apabila anda beraktivitas, apapun itu hormati guru. Kita harus menempatkan guru di posisi yang mulia," pungkasnya.‎

Sumber: detik

   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Ini Makna Hari Guru bagi Anies Baswedan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr