Loading...

Nikmatnya mancing kepiting Di Muara Pantai Pariaman

   
Pariaman - Lain zaman lain cara. Dahulunya, memancing kepiting di pinggir pantai mengharuskan kita berenang kian kemari mengejar perangkap kepiting. Makin banyak perangkap yang dipasang, makin besar peluang untuk mendapatkan banyak kepiting hasil tangkapan.

Beda dengan sekarang, khususnya di Muara Pantai Pariaman. Seni gaya memancing kepiting sudah berganti dengan cara yang sedikit modren. Dan tak perlu berbasah-basah berenang mengejar perangkap yang dipasang. Cukup bermodalkan joran, benang nilon, mata boom net, dan ikan sebagai umpannya. Kita dapat memancing kepiting dengan gaya yang lebih santai.

Pada mulanya mataboomnet (jaring kepiting) dibuat secara manual dengan rajutan tangan. Namun sekarang jaring kepiting ini sudah tersedia di toko-toko pancing yang berada di Pariaman. Dengan mengeluarkan kocek sebesar 10 ribu sampai 13 ribu rupiah, Anda sudah dapat membeli jaring ini tanpa harus merajut sendiri dengan tangan.

Kemudahan dari teknik mancing dengan jaring mataboom net ini adalah angatlah praktis. Tinggal lempar pancing yang sudah tepasang umpan, duduk nongkrong sambil becengkrama, dan tunggu beberapa menit. Ya!, Straight!!!! Kepiting buruan terjerat dan kena perangkap .

Umpan yang biasanya dipakai untuk memancing kepiting ini adalah ikan tongkol. Ada juga yang memakai insang ikan, usus ayam, ikan tawar dan umpan-umpan lainnya. Pada intinya umpan haruslah hewan yang berbau amis dan disukai oleh kepiting sebagai makanannya.

Cara mancing ini paling populer dilakukan pada malam hari. Berbeda dengan cara biasa. Dimana para nelayan memancing kepiting pada pagi hari dan sore hari.

Ada satu fakta unik yang perlu kita ketahui dalam memancing kepiting.

"Kalau bulannya penuh, maka isi daging kepiting akan penuh pula." Ujar Si Pemancing. Kondisi penampakan bulan mempengaruhi kualitas daging kepiting. Makin besar bulan (purnama) makan isinya akan penuh, dan sebaliknya, jika bulan penampakannya kecil (sabit) maka isi cangkang kepiting akan kosong.

Jika anda lagi beruntung, tidak hanya kepiting yang bisa anda tangkap, tetapi udang raksasa alias Lobster juga bisa terjerat. Karena udang lobster merupakan hewan nocturnal yang aktif pada malam hari mencari makannya dan diperkirakan kawanan lobster sering mencari makan di lokasi ini.

Tertarik mencoba sensasi mancing kepiting di pantai muara pariaman? Bagi anda yang penasaran, siapkan peratan pancing anda dan silahkan menuju Muara Pantai Pariaman. [id]



Gallery foto:
Mata Boom Net
Spot mancing muara pantai pariaman

Udang lobster

Kepiting

   
   
loading...
Loading...
loading...

1 Response to "Nikmatnya mancing kepiting Di Muara Pantai Pariaman"

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr