PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Guru Dituntut Melek Teknologi



Saat ini masih banyak guru SD dan MI yang tidak bisa mengoprasionalkan komputer dan internet
JEPARA - Keberadaan internet dan alat komunikasi modern seperti gadget tak hanya beredar di dakalangan kaum muda. Orangtua dan anak-anak pun kini akrab dengan internet dan smartphone. Itu sebabnya, penggunaan teknologi canggih itu harus dimaksimalkan pemanfaatannya, terutama dalam dunia pendidikan.

Saat ini, di Kabupaten Jepara masih banyak dijumpai guru yang tak menguasai teknologi. Terutama guru sekolah dasar dan madrasah diniyah. Pungasaan teknologi informasi di era digital seperti saat ini menjadi perlu. Itu disampaikan Intan Ardiana, mahasiswi Universitas Negeri Semarang saat memberikan pelatihan Multimedia Pembelajaran Interaktif, Senin (9/6/2014).

“Saat ini masih banyak guru SD dan MI yang tidak bisa mengoprasionalkan komputer dan internet,” ujar Intan.

Lebih lanjut Intan menyampaikan, maraknya penyalahgunaan teknologi informasi dikalangan pelajar sejatinya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pendidik. Adanya fakta bahwa situs porno dan situs jejaring sosial merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh remaja, pelajar.

“Dalam hal ini peningkatan kompetensi pendidik dibidang IT menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Guru dituntut untuk memiliki wawasan sekaligus keterampilan dibidang IT melebihi siswanya” urai Intan.

Saat ini, hampir mustahil melarang siswa untuk tidak menggunakan perangkat digital seperti smartphone maupun laptop. Itu karena perangkat tersebut sudah menjadi kebutuhan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Maka yang harus dilakukan adalah mengarahkan siswa untuk menggunakan perangkat digital yang mereka miliki untuk hal-hal yang bermanfaat dan bukan sebaliknya.

“Kalo guru, tidak menguasai tegnologi itu, maka mereka akan tertinggal oleh anak didiknya” kata Intan.

0 Response to "Guru Dituntut Melek Teknologi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr