Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Organisasi Kehidupan yang Rumit

   
Dalam batu hanya terdapat bermacam-macam mineral yang berserakan, walaupun demikian organisasinya sangat sederhana bila dibandingkan dengan organisasi pada makhluk hidup manapun. Jika diperiksa bagian-bagian tubuh dari seekor hewan dengan mikroskop, maka akan ditemukan bagian-bagian tersebut atas sel-sel. Sel-sel ini tersusun menjadi jaringan yang akhirnya membentuk organ-organ seperti lambung, usus, hati ginjal yang bekerjasama sebagai suatu sistem. Sekarang perkembangan biologi telah lebih baik, sehingga para biologiwan bekerja dengan alat dan teknik yang lebih modern untuk menemukan bagian-bagian yang paling rumit sekalipun dari benda-benda hidup itu dapat dilaksanakan. Salah satu ciri yang paling khas pada organisme hidup di planet kita adalah ciri tersebut dibangun oleh molekul yang mengandung atom karbon.

Organisasi atom dan molekul dalam organisme hidup jauh lebih dinamik dari pada yang terdapat pada banyak mati seperti batuan



Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud.
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Organisasi Kehidupan yang Rumit"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr