SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM
(GOLONGAN PANDEGA)
18. Dapat memberikan penjelasan tentang tali temali
dan pionering
kepada
Pramuka Penggalang/ Penegak.
Oleh:
Irfan Dani, S.Pd.
KURSUS MAHIR DASAR (KMD) PPG SM-3T
UNP
KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KOTA
PADANG
2013
=======================================================
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
PRAMUKA (RKPP)
A.
INFORMASI
UMUM
1. Materi
pembelajaran : Pramuka
2. Jenjang
pendidikan : Perguruan Tinggi
3. Golongan
Pramuka : Pandega
4. Topik : Tali-temali
dan pionering ( Butir SKU nomor 18)
5. Alokasi
waktu : 90 menit
6. Pertemuan
ke : 10
7. Hari/Tanggal : Minggu/1
September 2013
8. Tempat
kegiatan : Gudep 01111-01112 Universitas Negeri Padang
9. Nama
Pembina : Irfan Dani, S.Pd.
B. KOMPETENSI
DASAR
18.
Dapat memberikan penjelasan tentang tali temali
dan pionering kepada Pramuka Penggalang/ Penegak.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Peserta
didik mampu menyebutkan pengertian simpul
2.
Peserta
didik mampu menyebutkan pengertian ikatan
3.
Peserta didik
mampu menjelaskan kegunaan simpul
4.
Peserta
didik mampu menjelaskan kegunaan ikatan
5.
Peserta
didik mampu menjelaskan macam-macam simpul
6.
Peserta
didik mampu menjelaskan macam-macam ikatan
7.
Peserta
didik mampu membuat simpul dan ikatan
8.
Peserta
didik mampu menjelaskan pengertian pionering
9.
Peserta
didik mampu menyebutkan macam-macam model pionering
10.
Peserta
didik mampu membuat 2 macam model pionering
D. INDIKATOR
Indikator
Kognitif:
1.
Menyebutkan
pengertian simpul dan ikatan
2.
Menjelaskan kegunaan
simpul dan ikatan
3.
Menjelaskan
macam-macam simpul dan ikatan
4.
Menjelaskan
pengertian pionering
5.
Menyebutkan
manfaat dari pionering
6.
Menyebutkan
macam-macam model pionering
7.
Menjelaskan
pengaplikasisan simpul, ikatan dan pionering dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Afektif:
1.
Peserta didik dapat bekerja sama dalam membuat simpul, ikatan dan pionering
2.
Peserta didik dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan simpul dan ikatan
3.
Peserta didik dapat menghargai karya pionering
dari kelompok lainnya.
4.
Peserta didik peduli
terhadap teman-teman dalam kelompok
5.
Peserta didik dapat
membuat pionering dengan sopan
6.
Peserta didik dapat
tenggang rasa dengan pembuatan pionering diklompok lain
7.
Peserta didik dapat
serius mengerjakan pionering
8.
Peserta didik dapat
antusias mengerjakan pionering
9.
Peserta didik dapat
berani bekerja dalam menyelesaikan pionering
10.
Peserta didik dapat
disiplin mengerjakan pionering
Indikator Psikomotor:
1.
Peserta
didik dapat membuat simpul mengunakan tali pramuka dengan benar
2.
Peserta
didik dapat membuat ikatan menggunakan tongkat pramuka dengan benar
3.
Peserta
didik dapat membuat pionering sederhana menggunakan simpul dan ikatan pada
beberapa tongkat dengan benar.
E. BENTUK
KEGIATAN
1.
Membuat simpul
tanpa tongkat
2.
Membuat
ikatan pada dua buah tongkat
3.
Membuat membuat
tandu
4.
Membuat
tiang bendera sederhana
5.
Membuat ikatan
palang pada tiang badai tenda
6.
Membuat
pionering model segitiga piramida
7.
Membuat
pionering model menara pandang.
F. URAIAN
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Aktifitas Pembelajaran:
Kegiatan Peserta Didik
|
Kegiatan Pembina
|
Waktu
(menit)
|
Peralatan
Pendukung
|
A. Pembukaan
1.
Peserta
didik mengikuti upacara pembukaan latihan
B. Kegiatan
inti latihan
1.
Peserta
didik mendengarkan instruksi dan materi dari pembina
2.
Peserta
didik melakukan latihan tali menali sesuai dengan instruksi pda materi yang
diberikan.
3.
Peserta
didik membuat tandu dan tiang bendera dengan menggunkan simpul dan ikatan.
C. Penutupan
1.
Peserta
didik mengikuti upacara penutupan latihan
2.
Peserta
didik mendengarkan informasi dan amanat dari pembina
3.
Peserta
didik menutup latihan dengan berdo’a
|
1. Pembina
membuka upacara pembukaan latihan
1.
Pembina
menyampaikan materi kepada peserta didik mengenai tali-menali
2.
Pembina membimbing peserta didik untuk melakukan latiha tali menali.
3.
Pembina
melakukan pemeriksaan hasil kerja pserta didik sesuai dengan penilaian psikomotor yang ada.
1.
Pembina
mengikuti upacara penutupan latihan
2.
Pembina memberikan
amanat kepada peserta didik
3.
Pembina
menutup latihan dengan memimpin do’a
|
20 Menit
10 menit
60 Menit
20 Menit
10 Menit
|
Bendera
cikal, tiang bendera. Tongkat pramuka dan tali pramuka.
Tali
pramuka, dan tongkat, patok/pancang. Martil/batu.
|
G. RINGKASAN
MATERI
*Terlampir
H. SUMBER
Irfan, 2013, Tali-temali pramuka,
http://pustaka.pandani.web.id/2013/06/pionering.html. Diakses 24 juni 2013.
Irfan, 2013, Tali-temali pramuka, http://pustaka.pandani.web.id/2013/06/tali-temali.html. Diakses 24 juni 2013.
Padang, 22 juni 2013
Pembina Pramuka ,
Irfan
Dani, S.Pd.
0 Response to "RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAMUKA (RKPP)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr