uraian singkat
Metoda
presentasi alternatif ini merupakan cara yang bagus untuk memberi Informasi
kepada siswa secara cepat, memahami apa yang mereka bayangkan, dan
memerintahkan pertukaran gagasan antarmereka. Tehnik ini juga merupakan cara
baru dan jelas yang memungkinkan siswa mengungkapkan persepsi dan perasaan
mereka tentang topik yang tengah anda diskusikan dalam suasana santai.
PROSEDUR
1.
Perintahkan setiap siswa untuk memilih sebuah topik yang
berkait dengan topik pelajaran umum atau sub bahasan yang tengah didiskusikan.
2.
Mintalah siswa untuk memajang konsep mereka pada papan poster
atau papan buletin. (Anda yang menentukan ukurannya.) Tampilan poster mesti
dengan sendirinya menunjukkan isinya; yakni, begitu melihatnya orang dengan
mudah memahami gagasannya tanpa perlu Penjelasan leblh lanjut, baik lisan
maupun tertulis. Namun demikian, siswa juga boleh menyiapkan satu halaman
penjelasan yang berisi uraian lebih rinci dan sekaligus sebagai materi rujukan
lebih lanjut.
3.
Selama berlangsungnya pelajaran yang telah ditentukan,
perintahkan siswa untuk menempelkan sajian materi visual mereka dan berkeliling
mengitari ruangan untuk mengamati dan mendiskusikan poster masing-masing.
Sebagai contoh, dalam pembahasan tentang stress pada pelajaran kesehatan,
topik-topik yang diberikan mencakup yang berikut ini:
- Penyebab stres
- Gejala-gejala stres
- Pengaruh stres terhadap diri sendiri dan orang lain
- Pereda stres
Salah
seorang siswa menggambarkan gejala stres dengan membuat tampilan poster yang
menunjukkan gambar-gambar berikut:
- Orang kelebihan berat badan yang berdiri pada timbangan
- Orang meminum minimum beralcohol
- Dua orang bertengkar
- Orang sakit kepala
Di
bawah tiap gambar diberi paragraf singkat yang menjelaskan bagaimana dan
mengapa orang stres dapat menunjukkan gejala-gejala yang digambarkan itu.
4.
Lima
belas menit sebelum berakhirnya pelajaran, perintahkan seluruh siswa untuk
kembali ke posisi semula dan mendiskusikan apa yang menurut mereka berharga
pada kegiatan tersebut.
VARIASI
1.
Anda dapat memilih untuk membentuk tim beranggotakan dua atau
tiga, sebagai alternatif dari penugas individual, terutama jika topiknya
memiliki lingkup yang terbatas.
2.
Tindaklanjuti sesi poster dengan diskusi panel, dengan
menggunakan beberapa siswa yang memajang poster-poster tersebut Sebagai
panelis.
Belajar Secara Mandiri
Belajar
bersama dan belajar dalam satu kelas penuh bisa ditingkatkan dengan aktivitas
belajar mandiri. Ketika siswa belajar dengan caranya sendiri, mereka
mengembangkan kemampuan untuk memfokuskan diri dan merenung. Bekerja dengan
cara mereka sendiri juga memberi siswa kesempatan untuk memikul tanggung jawab
pribadi atas apa yang mereka pelajari. Strategi yang berikut ini merupakan
perpaduan tehnik-tehnik yang bisa digunakan di dalam dan di luar kelas.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Poster"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr