URAIAN SINGKAT
Dalam strategi ini, tugas-tugas yang berbeda diberlkan
kepada kelompok siswa yang berbeda. Setiap kelompok "mengajarkan"
kepada siswa lain apa yang ia pelajari.
PROSEDUR
1.
Pllihah topik yang mencakup gagasan. kejadian, pendapat,
konsep atau pendekatan yang berbeda. Topik Itu haruslah topik yang mendukung
pertukaran pendapat atau informasi (Sebagai ganti debat). Berikut adalah
beberapa contohnya:
·
Dua pertempuran terkenal selama Perang
Saudara (diAmerika).
·
Gagasan dari dua atau beberapa penults.
·
Tahap-tahap perkembangan anak.
·
Beragam cara untuk meningkatkan gisi.
·
Beragam sistern operasi untuk komputer.
2.
Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok
sesuai dengan jumlah tugas yang diberikan. Pada umumnya kegiatan Ini cocok untuk dua hingga empat
kelovw Berikan waktu yang mencukupi kepada tiap kelompok untuk menyiapkan cara mereka menyajikan topik
yang ditugaskan kepada mereka. Sebagai contoh, satu kelompok dapat menyajikan
sebuah buku karya James Baldwin, dan kelompok berikutnya dapat menyajikan buku
karya Toni Morrison.
3.
Bila tahap persiapan sudah selesai,
perintahkan kelornpok untuk memilih juru bicara. Undang tiap juru hicara untuk
memberikan presentasi kepada kelompok lain.
4.
Setelah presentasi singkat, doronglah
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang pendapat presenter atau menawarkan
pendapat mereka sendirl. Beri kesempatan anggota lain dari kelompok si juru
bicara untuk member! tanggapan.
5.
Lanjutnya presentasi kelompok lain agar
tiap kelompok berkesempatan memberikan informasi dan menjawab serta menanggapi
pertanyaan dan komentar audiens. Perbandingkan dan perbedaan pendapat dan
informasi yang dipertukarkan. Sebagai contoh, seorang guru melakukan
pembandingan antara dua negara sebagaimana disebutkan dalam tugas, dengan
menggunakan metoda ini. Satu kelompok diberi tugas mempelajari Costa Rica (yang
dikenal sebagai kota negara yang damai) dan kelompok lain diberi tugas
mempelajari El Salvador (yang belakangan ini dilanda perang saudara). Setelah
maslng-masing kelompok menyajikan budaya dan sejarah negara-negara tersebut,
selanjutnya dilakukan diskusi untuk menganalisa mengapa dua negara bertetangga
itu memiliki pengalaman yang sebegitu berbeda.
VARIASI
1.
Perintahkan kelompok untuk melakukan pembahasan menyeluruh
sebelum memberikan presentasi.
2.
Gunakan format diskusi panel untuk
tiap presentasi kelompok.
0 Response to "Pertukaran Kelompok dengan Kelompok"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr