URAIAN SINGKAT
Sekalipun anda meminta siswa untuk memikirkan
pertanyaannya selama berlangsungnya pelajaran, bukan hanya pada akhir
pelajaran, anda mungkm akan mendapatkan tanggapan yang hangat-hangat kuku atau
biasa-biasa ketika anda bertanya, "Apakah ada pertanyaan?" Dengan
tehnik ini, anda membalik peran: Anda mengajukan pertanyaan dan siswa berupaya
menjawab.
PROSEDUR
1. Susunlah pertanyaan yang akan anda ajukan tentang beberapa materi
pelajaran jika anda yang berperan sebagai siswa. Buatlah pertanyaan yang:
·
Berupaya mengklarifikasi
rnateri yang sulit atau rumit (misalnya, Tolong anda jelaskan lagi cara untuk________?”)
·
Membandingkan materi dengan
informasi lain (misalnya, "Seperti apa bedanya ini dengan______?”)
·
Menantang pendapat anda
(misalnya, "Mengapa hal ini perlu dilakukan? Bukankah hal ini akan
menimbulkan banyak kebingungan?”)
·
Meminta contoh tentang
gagasan yang tengah dibahas (misalnya. "Bisakah kalian berikan contoh
tentang_______?”)
·
Menguji daya terap materi
(misalnya, saya menggunakan gagasan ini dalam kehidupan nyata?
1.
Pada awal sesi pertanyaan,
umumkan kepada anak-anak bahwa anda akan "menjadi" mereka, dan
mereka bersama akan "menjadi"
anda. Lanjutkan pengajuan pertanyaan
2.
Bersikaplah argumentatif,
penuh canda, atau apapun untuk memancing mereka agar membombardir dengan banyak
jawaban.
3.
Membalikkan peran beberapa
kali akan menjadikan siswa slap dan mendorong mereka untuk mengajukan
pertanyaan mereka sendiri
VARIASI
1. Sebagai
ganti penggunaan tehnik ini pada awal sesi tanya-jawab. baliklah posisinya
ketika siswa telah puas dengan pertanyaan.
2. Ubahlah
acaranya menjadi "konferensi media." Anda menjadi media, yang
memperkenalkan diri sebagai "W' Suditomo dari RCTI" atau semacamnya,
dan hujani siswa dengan pertanyaan yang menyelldik, menyerang, atau
menjelek-jelekan materi belajar yang dipertanyakan.
Belajar Bersama
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan
belajar aktif adalah dengan pemberian tugas belajar yang dilakukan dalam
kelompok kecil siswa. Dukungan sesama siswa dan keragaman pendapat,
pengetahuan, serta ketrampilan mereka akan membantu menjadikan belajar bersama
sebagai bagian berharga dari iklim belajar di kelas anda. Namun demikian,
belajar bersama tidaklah selalu berlangsung efektif. Bolehjadi terdapat
partisipasi yang tidak seimbang, komunikasi yang buruk, dan kebingungan,
bukannya belajar yang sesungguhnya. Strategi-strategi berikut ini dirancang
untuk memaksimalkan manfaat dari belajar bersama dan meminimalkan kesenjangan.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Pertanyaan Pembalikan Peran"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr