URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini serupa dengan Aktivitas
66, "Penilaian Diri Aktif." Dengan menggunakannya pada akhir
pelajaran siswa dapat menilai seberapa banyak yang mereka pelajari atau mengubah
pendirian yang dia punyai sebelum mengikuti pelajaran.
PROSEDUR .
1.
Buatlah satu atau beberapa pernyataan
yang menilai perubahan pada siswa. Contohnya meliputi:
·
Saya berubah pendirian tentang
_________lantaran mengikuti pelajaran ini.
·
Saya mengalami peningkatan ketrampilan di
bidang__________
·
Saya mempelajari informasi dan konsep
baru
2.
Sisihkan meja atau kursi ke samping
ruangan dan perintahkan siswa untuk berdiri di bagian belakang ruangan.
3.
Buatlah skala penilaian angka dari 1
hingga 5 pada papan tulis atau dengan menempelkan skala angka itu di dinding.
4.
Jelaskan bahwa anda akan membacakan
sebuah pernyataan kepada siswa. Setelah mendengarkan masing-masing pernyataan,
siswa harus berdiri di depan angka skala penilaian yang paling cocok dengan penilaian-dirinya.
Gunakan skala yang berikut ini:
1 = sangat tidak setuju
2 = tidak setuju
3 = ragu-ragu
4 = setuju
5 = sangat setuju
Manakala tiap pernyataan dibacakan,
siswa harus beranjak ke tempat di dalam ruangan itu yang paling cocok dengan
penilaian diri mereka. Sarankan siswa
untuk menilai diri mereka secara realistis. Kemukakan bahwa beberapa faktor
dapat menciptakan sedikit perubahan atau samasekali tidak, Faktor-faktor itu
meliputi tingkat pengetahuan atau ketrampilan sebelumnya. kebutuhan akan
latlhan atau waktu yang lebih banyak, dan sebagainya.
5.
Setelah terbentuk barisan di depan
berbagai posisi, perintahkan siswa untuk berbagi alasan mengapa mereka memilih
penilaian itu. Garis bawahi kejujuran mereka.
6.
Setelah
mendengarkan pendapat siswa lain, perintahkan setiap siswa yang ingin mengubah
posisi angka mereka pada skala tersebut untuk melakukannya.
VARIASI
1.
Gunakan penilaian sendiri dengan
menggunakan alat tulis sendiri sebagai alternatif dari pemberian latihan secara
terbuka.
2.
Perintahkan siswa untuk berbaris guna
mengetahui seberapa banyak yang setuju dengan tiap pernyataan. Tehnik ini, yang
disebut "garis-lurus fisik," memaksa siswa untuk mendiskusikan satu
sama lain aoa yang telah mereka pelajari dan bagaimana mereka mengalami
perbahan manakala mereka menempatkan diri pada anak posisi yang mereka
kehendaki pada garis lurus fisik tersebut.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Penilaian-Diri secara Fisik"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr