URAIAN SINGKAT
Ini
merupakan aktivltas kerjasama yang bisa digunaka untuk mengajarkan konsep,
karakteiistik klasifikasi fakta tentang benda, atau menilai informasi. Gerak
fisik yang ada dl dalammnya dapat membantu menggairah-kan siswa yang merasa
penat.
PROSEDUR
1.
Beri tiap siswa kartu indeks yang berisi
Informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau beberapa ketegori. Berikut adalah beberapa
contohnya:
·
Jenis-jenis pohon vs jenis-jenis
tumbuhan hijau.
·
Karakter dalain berbagai drama Shakespeare.
·
Kekuasaan lembaga eksekutif, leglslatif. dan yudikatif
pemerintah.
·
Gejala-gejala dari beragam penyaklt.
·
Informasi yang cocok dengan berbagai
bagian resume kerja
·
Karakteristik dari berbagai logam.
·
Kata benda. kata kerja. kata keterangan,
preposis
·
Buku-buku karya Dickens, Faulkner,
Herningway dan Updike.
2.
Perintahkan siswa untuk berkeliling
ruangan dan mencari siswa lain yang kartunya cocok dengan yang sama. (Anda
dapat mengumurnkan kategorinya cebelumnya atau biarkan siswa menemukannya
sendiri)
3.
Perintahkan para siswa yang kartunya
memiliki kategori sama untuk menawarKan diri kepada siswa lain.
4.
Ketika tiap kategori ditawarkan,
kemukakan poin-poln nengajaran yang menurut anda penting.
VARIASI
1.
Perintahkan tiap kelompok untuk membuat presentasi pengajaran tentang
kategorinya.
2. Pada awal kegiatan, bentuklah tim.
Berikan tiap tim satu dus kartu. Pastikan bahwa mereka mengocoknya agar
kategori-kategori yang cocok dengan mereka tidak jelas di mana letaknya.
Perintahkan tiap tim untuk memilah-milah kartu menjadi sejumlah kategori. Tiap
tim bisa mendapatkan skor untuk jumlah kartu yang dipilih dengan benar.
0 Response to "Pemilahan Kartu"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr