Siklus
I
a) Tindakan I
Dengan
melihat kasus guru A, tindakan I adalah implementasi serangkaian kegiatan
pembelajaran seperti yang telah direncanakan untuk mengatasi masalah. Karena penyebab
pertanyaan guru A yang sering tidak terjawab sudah diketahui, maka tindakan
yang harus dilakukannya adalah :
1)
Membuat pertanyaan
secara jelas dan tidak terlampau panjang.
2)
Pertanyaan ditujukan
kepada seluruh siswa
3)
Memberi kesempatan
kepada siswa untuk berpikir dulu sebelum menjawab.
Dalam
tahap pelaksanaan tindakan, guru berperan sebagai pengajar dan pengumpul data,
baik melalui pengamatan langsung, maupun melalui telaah dokumen, bahkan juga
melalui wawancara dengan siswa setelah pembelajaran selesai. Guru juga dapat
meminta bantuan kolega guru lainnya untuk melakukan pengamatan selama guru
melakukan tindakan perbaikan. Selama proses belajar akan dilakukan observasi
menyangkut aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Antara lain,
bagaimana kualitas jawaban siswa dan apakah motivasi siswa menjawab pertanyaan
guru meningkat?. Apakah hasil belajar siswa
meningkat?
b) Refleksi I
Data yang dikumpulkan selama tindakan
berlangsung kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis ini guru melakukan refleksi,
yaitu guru mencoba merenungkan atau mengingat dan menghubung-hubungkan kejadian
dalam interaksi kelas, mengapa itu terjadi, dan bagaimana hasilnya. Hasil
refleksi akan membuat guru menyadari tingkat keberhasilan dan kegagalan yang dicapainya
dalam tindakan perbaikan. Hasil refleksi ini merupakan masukan bagi guru dalam
merencanakan dan melaksanakan tindakan perbaikan berikutnya. Refleksi I dapat
dilakukan oleh guru bersama siswa bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pelaksanaan
tindakan pada siklus I dengan jalan mengidentifikasi baik kemajuan-kemajuan
yang telah diperoleh maupun kekurangan-kekurangan atau hambatanhambatan yang
masih dihadapi. Kemudian, setelah mendapat persetujuan dari kedua belah pihak
hasil refleksi tersebut digunakan untuk memperbaiki rencana tindakan pada
siklus II. Refleksi terdiri atas 5 komponen,
dilukiskan pada Bagan 2.
Siklus
II
a) Perencanaan
Refleksi
yang dilakukan pada akhir siklus I bertujuan untuk mengidentifikasi baik
kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh maupun kekurangankekurangan atau
hambatan-hambatan yang masih dihadapi. Hasil refleksi ini kemudian digunakan
untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus II.
b) Tindakan II
Tindakan
II berupa implementasi serangkaian kegiatan pembelajaran yang telah direvisi
untuk mengatasi masalah pada siklus I yang belum tuntas. Selama proses belajar
pada siklus kedua ini juga akan dilakukan observasi menyangkut aktivitas siswa
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
c) Refleksi II
Refleksi
II juga dilakukan oleh guru bersama siswa bertujuan untuk mengkaji dan
menganalisis pelaksanaan tindakan pada siklus II dengan jalan mengidentifikasi
baik kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh maupun kekurangan-kekurangan atau
hambatan-hambatan yang masih dihadapi. Berdasarkan
hasil refleksi tersebut dapat disimpulkan berhasil tidaknya keseluruhan
tindakan implementasi pembelajaran di dalam kelas terhadap peningkatan hasil belajar
siswa. Apabila pada siklus II tujuan PTK sudah dapat tercapai, maka tidak perlu
dilanjutkan siklus berikutnya. Tetapi apabila tujuan belum tercapai, maka perlu
dilanjutkan siklus berikutnya. Kemudian, setelah mendapat persetujuan dari
kedua belah pihak hasil refleksi tersebut digunakan untuk memperbaiki rencana
tindakan pada siklus III. Guru dapat membuat jurnal atau catatan seluruh
kegiatan PTK yang telah dilakukannya. Catatan tersebut dapat digunakan untuk
menyusun suatu karya ilmiah yang dapat disebarluaskan menjadi suatu inovasi, dan dapat dimanfaatkan oleh guru-guru
lainnya dalam melaksanakan PTK
A. Menyusun Proposal PTK. Berdasarkan
permasalahan yang dihadapi guru A dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD 12 Padang, dapat dituangkan dalam proposal penelitian. Contoh
outline proposal adalah sebagai
berikut :
CONTOH OUTLINE PROPOSAL PTK
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Pelaksanaan PTK"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr