URAIAN SINGKAT
Ini
merupakan strategi sederhana untuk mempraktikkan dan mengulang ketrampilan atau
prosedur dengan pasangan belajar. Tujuannya adalah memasukan bahwa kedua
pasangan dapat memperagakan ketrampilan atau prosedur Itu.
PROSEDUR
1.
Pilihlah sejumlah ketrampilan atau prosedur yang anda ingin
siswa kuasai. Buatlah pasangan. Dalam tiap pasangan, berikan dua peran: (1) penjelas atau pemeraga dan (2) pemeriksa.
2.
Penjelas atau pemeraga menjelaskan dan/atau memperagakan
cara mengerjakan ketrampilan atau prosedur tertentu. Pemeriksa memastikan
apakah penjelasan dan/atau pemeragaan itu benar, memberi dorongan dan
memberikan pelatihan bila diperlukan.
3.
Pasangan berganti peran. Penjelas/pemeraga yang baru
diberikan ketrampilan atau prosedur lain untuk dikerjakan.
4.
Proses itu berlanjut hingga semua ketrampilan diulang.
VARIASI
1.
Gunakan ketrampilan atau prosedur multilangkah sebagai alternatif
dari beberapa prosedur yang berbebeda. Perintahkan penjelas/pemeraga melakukan
satu lakah dan perintahkan pasangannya melakukan langkah selanjutnya hingga
urutan langkahnya lengkap.
2.
Bila pasangan telah menyelesaikan tugas merek buatlah sebuah
peragaan di depan kelompok.
*Tehnik ini didasarkan pada
"DrillReview Pairs" karya David W. Johnson, Roger T. Johnson, dan
Karl A. Smith.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Pasangan dalam Praktik – Pengulangan"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr