URAIAN SINGKAT
Strategi ini dirancang seperti tayangan
permainan TV— Jawaban diberikan terlebih dahulu, dan tantangannva adalah mengajukan
pertanyaan yang cocok atau benar Format Ini bisa dengan mudah digunakan sebagai
tinjauan tentang materi pelajaran..
PROSEDUR
1.
Buatlah tiga hingga enam kategori
pertanyaan tinjauan. Gunakan salah satu dari beberapa kategori umum ini
·
Konsep atau Gagasan
·
Fakta
·
Ketrampilan
·
Nama
Atau buatlah kategori berdasarkan
topiknya. Sebag contoh, pelajaran bahasa Perancis mungkin melibatk topik
semisal, buton, angka. dan wama.
2.
Buatlah setidaknya tiga jawaban (dan
pertanyaan yang terkait) per kategori. Sebagai contoh, jawaban "Angggur
berwama ini biasanya dihidangkan dalam temperatur ruangan" bisa dicocokan
dengan pertanyaan "Minuman Rouge
itu apa sih? Kita tidak perlu memiliki jumlah
pertanyaan dan jawaban yang sama dalam tiap kategori, namun kita harus
menyusun pertanyaan dan jawaban dengan derajat kesulitan yang terus meningkat.
3.
Perlihatkan papan permainan peninjauan
kembali pada selembar kertas besar dan tebal. Umumkan kategorinya dan nilal
poinnya untuk tiap kategori. Berikut adalah papan permainan sampel:
Bulan Warna Angka
10 poin 10 poin 10 poin
20 poin 20 poin 20 poin
30 poin 30 poin 30 poin
4.
Bentuklah tim beranggotakan tiga hingga
enam orang siswa dan sediakan kartu penjawab untuk tiap tim. Jika memungkinkan,
buatlah kelompok dengan beragam tingkat ketrampilan atau pengetahuan.
5.
Perintahkan tim untuk memilih kapten dan pencatat nilai tim.
·
Kapten tim mewakili tim. la
merupakan satu-satu-nya yang bisa mengacungkan kartu penjawab dan
memberikanjawabannya. Kapten tim harus
berun-ding dengan tim sebelum memberikan jawaban.
·
Pencatat nilai bertanggungjawab
menambahkan dan mengurangi nilai untuk tim mereka.
Catalan; Sebagai moderator
permainan, anda bertanggungjawab mencermati pertanyaan mana saja yang telah
diajukan. Ketika tiap pertanyaan diajukan, beri tanda silang pada papan
permainan. Berikan tanda centang pada pertanyaan yang sulit dijawab oleh siswa.
Anda bisa kembali kepada pertanyaan ini bila permainan selesai.
Tinnjaulah
beberapa aturan permainan berikut ini:
·
Kapten tim yang memegang kartu penjawab
pertama mendapatkan kesempatan untuk menjawab.
·
Semua jawaban harus diberikan dalam
bnetuk pertanyaan.
·
Jika jawaban yang diberikan benar, nilal
untuk kategorinya akan diberikan. Jika jawaban tidak benar, nilai angka pada
skor tim dikurangi. Dan tim lain berkesempatan untuk menjawab.
·
Tim yang memberikan jawaban terakhir
yang bena akan menguasai papan perrnainan.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif dari penggunaan kapten tim, perintahkan
tiap anggota tim untuk mengambil giliran memainkan permainan tinjauan ulang.
Dia tidak boleh berkonsultasi dengan anggota tim sebelum menjawab.
2.
Perintahkan siswa untuk membuat
pertanyaan permainan.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr