URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara yang baik untuk
menstimulasi diskusi dan memberi siswa kesempatan untuk mengenali. menjelaskan.
dan mengklarifikasi persoalan sembari tetap bisa berpartisipasi aktif dengan
seluruh siswa.
PROSEDUR
1.
Pillhlah sebuah masalah yang
akan mengundang minat siswa. Sajikan persoalan Itu agar siswa terstimulasi
untuk mendiskusikan pendapat mereka. Sebutkan lima pertanyaan untuk
didiskusikan.
2.
Pilihlah empat hingga enam
siswa untuk membentuk kelompok diskusi panel. Aturlah mereka dalam formasi semi
lingkaran di bagian depan kelas.
3.
Perintahkan siswa yang lain
untuk duduk di sekeliling kelompok diskusi pada tiga sisi dalam formasi sepatu
kuda.
4.
Mulailah dengan pertanyaan
pembuka yang provokatif. Serahkan tanggung jawab diskusi panel kepada kelompok
inti sedangkan siswa yang lain membuat catatan dalam rangka mempersiapkan
giliran diskusi mereka.
Sebagai contoh, beberapa poin yang dapat
dikemukakan dalam sebuah diskusi adalah tentang pertanyaan "Apa sajakah
pendapat pro dan kontra terhadap rekayasa genetik?"
Pro
·
Ilmu kesehatan telah
mencapai tahap yang memungkinkan hal ini, lantas mengapa mesti menolaknya?
·
Ilmuwan akan mampu menghilangkan rasa nyeri dan
penderitaan.
·
Orang tua akan bisa
menghindari kelahiran bayi yang cacat-lahir.
Kontra
·
Manusia tidak boleh merusak
rencana Tuhan.
·
Kelainan genetik akan
timbul.
·
Orang tua tidak boleh memutuskan seperti apa anak
yang ingin mereka miliki.
5.
Pada akhir periode diskusi yang sudah ditetapkan.
pisahkan seluruh kelas menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melanjutkan
diskusi tentang pertanyaan yang masih ada.
VARIASI
1.
Baliklah urutannya; mulalah dengan diskusi
kelompok kecil dan diikuti dengan diskusi panel.
2.
Perintahkan siswa untuk
mengajukan pertanyaan diskusi.
0 Response to "Memperbanyak Anggota Diskusi Panel"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr