URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan suatu cara untuk menilai, mengingat apa yang telah siswa pelajari selama ini.
PROSEDUR
1.
Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok
beranggotakan dua hingga empat orang.
2.
Perintahkan tiap kelompok untuk
mendiskusikan apa yang didapatkan oleh pada anggotanya dari pelajaran yang
mereka ikuti. Hal itu boleh jadi mencakup yang berikut ini:
·
Pengetahuan baru
·
Ketrampilan baru
·
Peningkatan dalam bidang
ketrampilan__________(misalnya pemrograman)
·
Minat baru di bidang __________(misalnya
sastra)
·
Percaya diri dalam ___________(misalnya,
berbicara bahasa Jerman)
Kemudian perintahkan mereka
untuk membuat sebuati daftar pada kertas lebar berisi hasil
"pembelajaran" ini. Perintahkan mereka untuk memberi judul atau menamai
daftar itu "Hal-hal Yang Kita Dapatkan."
3.
Tempelkan daftar tersebut
pada dinding.
4.
Perintahkan siswa untuk
berjalan melewati tiap daftar. Perintahkan agar tiap siswa memberikan tanda
centang di dekat hasil belajar yang juga dia dapatkan pada daftar selain dari
daftarnya sendiri.
5.
Surveilah hasilnya, cermati
hasil pembelajaran yang paling umum didapatkan. Jelaskan sebagian hasil
pembelajaran yang tidak biasa atau tidak diduga-duga.
VARIASI
1.
Jika jumlah siswanya memungkinkan, perintahkan tiap siswa
untuk membuat daftarnya sendiri.
2.
Sebagai alternatif dari pembuatan daftar berisi 'hasil
pembelajaran'. perintahkan siswa untuk membuat daftar
"pengingat"—yang berisi gagasan atau saran yang diberikan selama
pelajaran yang menurut siswa layak untuk diingat untuk diterapkan di kemudian
hari.
0 Response to "Galeri Belajar"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr