URAIAN SINGKAT
Belajar
sekaligus bertindak memberi siswa kesempatan untuk mengalami penerapan topik
dan isi materi yang dipelajari atau didiskusikan di kelas dalam situasi
kehidupan sesungguhnya. Sebuah proyek luar-kelas menghadapkan mereka pada cara
penemuan dan memungkinkan mereka untuk menjadi kreatif dalam bertukar pendapat
tentang penemuan mereka dengan sesama siswa. Keunggulan dari kegiatan ini
adalah bahwa ia bisa digunakan dengan mata pelajaran apapun.
PROSEDUR
1.
Perkenalkan topik kepada siswa dengan menyediakan sejumlah
informasi pendukung melalui pengajaran berbasis-ceramah singkat dan diskusi
kelas.
2.
Jelaskan bahwa anda akan memberi mereka kesempatan untuk
mengalami kejadian seputar topik pelajaran untuk pertamakali dengan melakukan
"kunjungan lapangan" menuju situasi kehidupan sesungguhnya.
3.
Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok beranggotakan empat
hingga lima
orang dan perintahkan mereka untuk menyusun sebuah daftar pertanyaan dan/atau
hal khusus yang mesti mereka cari selama “kunjungan lapangan."
4.
Perintahkan sub-sub kelompok untuk menempelkan butir-butir
pertanyaan mereka dan berbagi pendapat tentangnya dengan siswa lain.
5.
Para siswa akan mendiskusikan
butir-butir itu dan menyusun daftar umum untuk digunakan oleh setiap siswa.
6.
Beri siswa tenggat waktu (misalnya satu minggu) dan arahkan
mereka untuk mengunjungi lokasi atau beberapa lokasi dan menggunakan daftar
pertanyaan untuk mewawancarai atau mengamati. Mereka boleh memilih tempatnya,
atau anda mungkin perlu membuat penugasan khusus untuk menghindari duplikasi
atau agar terfadi persebaran siswa secara merata. Sebagai contoh. siswa dapat
diminta untuk mengunjungi tempat-tempat usaha semisal toko eceran, restoran
cepat saji, hotel atau bengkel mobil. Mereka selanjutnya mengunjungi
tempat-tempat usaha ini sebagai pelanggan untuk mengetahui bagaimana pelayanan
terhadap mereka.
7.
Pertanyaan-pertanyaannya harus spesifik dan memungkinkan
untuk dilakukan pembandingan dengan temuan sesama siswa.
Sebagai
contoh, butir-butir pengamatan berikut ini cocok dengan layanan konsumen:
·
Berapa lamakah waktu yang diperlukan karyawan untuk melayani
pelanggan?
·
Apakah karyawan itu tersenyum?
·
Apakah karyawan itu sopan dan ramah?
·
Apakah karyawan itu mengajukan pertanyaan terbuka untuk
memahami persoalannya? Apakah karyawan Itu menggunakan tehnik mendengarkan
aktif? Beri contohnya.
·
Apakah karyawan itu memberikan pemecahan masalah?
·
Apakah kamu, selaku pelanggan, senang dengan pengalaman Itu?
Mengapa demikian, atau mengapa tidak demikian?
5.
Perintahkan siswa untuk berbagi temuan
mereka dengan siswa lain melalui sejumlah metoda kreatif (misalnya, dengan
drama atau peragaan singkat, wawancara bohong-bohongan, diskusi panel atau
permainan).
VARIASI
1.
Anda mungkin perlu membentuk tim beranggotakan dua atau tiga
siswa sebagai alternatif dari pemberian tugas individual.
2.
Sebagai ganti penugasan seluruh siswa untuk menyusun sebuah
daftar pertanyaan atau garis-garis besar pengamatan, tiap siswa dapat membuat
daftar mereka sendiri.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Belajar Sekaligus Bertindak"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr