URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara terperinci bagi siswa untuk mendiskusikan permasalahan dengan sebagian (dan biasanya memang tidak semua) teman sekelas mereka. Pertukaran pendapat ini bisa dengan mudah diarahkan kepada materi yang akan diajarkan di kelas.
PROSEDUR
1.
Susunlah beragam pertanyaan yang dapat membantu
siswa memulai diskusi tentang isi materi pelajaran. Gunakan pertanyaan yang
tidak memiliki jawaban benar-salah.
Sebagai contoh, seorang guru Bahasa Inggris boleh jadi akan
bertanya:
· Apa. yang kalan sukai tentang drama
Shakespeare? Kalau, kalian tidak
menyukainya, kenapa?
· Mengapa.
Shakespeare dianggap sebagai salah. satu. dramawan terbesar sepanjang waktu?
· Pilih salah
satu dan drarnawan atau sineas abad ke-19 atau ke-20. Bagaimana kalian membandingkannya dengan Shakespeare?
2.
Bagilah siswa menjadi kelompok tiga orang (trio).
Aturlah kelompok trio tersebut di dalam ruang kelas agar masing-masing bisa
melihat dengan jelas trio yang di sisi kanan dan di sisi kirinya, Formasi
kelompok-kelompok trio itu secara keseluruhan bisa berbentuk bundar atau
persegi.
3.
Berikan tiap trio sebuah pertanyaan pembuka
(pertanyaan yang sama untuk masing-masing trio) untuk dibahas. Pilihlah
pertanyaan yang paling ringan yang telah anda susun untuk memulai pertukaran
pendapat kelornpok-kelompok trio itu, Anjurkan agar tiap siswa di dalam
kelompok mendapat giliran menjawab pertanyaan.
4. Setelah diskusi berjalan dalam waktu yang cukup,
perintahkan masing masing kelompok untuk memberikan angka 0,1. atau 2 kepada
tiap-tiap anggotanya. Arahkan siswa yang benomor 1 untuk berpindah ke kelompok
trio satu searah jarum jam. Perintahkan siswa yang bernomor 2 untuk berpindah
ke kelompok trio dua searah jarum jam. Perintahkan siswa yang bemomor 0 (nol)
untuk tetap di ternpat duduknya karena ia adalah anggota tetap dan kelompok
trio mereka. Suruh mereka mengangkat tangan tinggi-tinggi sehingga siswa yang telah berpindah bisa menemukan
mereka. Hasilnya adalah komposisi kelompok trio yang sepenuhnya baru.
5. Mulailah pertukaran pendapat
baru dengan pertanyaan baru. Naikkan tingkat kesulitan atau "tingkat
ancaman" dari pertanyaan manakala anda memulai babak baru.
6.
Anda bisa merotasi trio-trio itu sebanyak
pertanyaan yang anda miliki dan waktu diskusi yang tersedia. Gunakan selalu
prosedur rotasi yang sama. Sebagai contoh, pada pertukaran trio sebanyak tiga
rotasi, tiap siswa akan bertemu dengan enam siswa yang lain.
VARIASI
1.
Setelah masing-masing babak pertanyaan. Segeralah meminta jawaban dari seluruh kelompok
sebelum merotasi siswa ke kelompok trio baru.
2.
Gunakan pasangan atau
kuartet sebagai alternatif dari trio.
0 Response to "Model Pembelajaran Merotasi Pertukaran Pendapat Kelompok Tiga Orang"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr