URAIAN SINGKAT
Dalam tehnik yang populer ini, anda menyediakan
formulir atau lembar yang telah dipersiapkan. Lembar ini menginstruksikan siswa
untuk membuat catatan sewaktu anda mengajar. Gerak fisik yang minimal seperti
ini pun akan lebih melibatkan siswa ketimbang jika kita sekadar menyediakan
buku pegangan yang lengkap. Ada bermacam metoda untuk membuat catatan secara
terarah. Yang paling sederhana di antaranya adalah mengisi bagian-bagian yang
kosong.
PROSEDUR
1.
Siapkan sebuah catatan yang mengikhtisarkan
hal-hal utama pada penyajian materi pelajaran anda.
2.
Sebagai ganti menyediakan teks secara lengkap,
kosongkan bagian-bagian di dalamnya, dan untuk selanjutnya diisi oleh siswa.
3.
Beberapa cara dalam melakukannya antara lain:
· Sediakan sejumlah istilah
dan definisinya, bIarkan istilah atau definisinya kosong.
________: merupakan bentuk segilima, Oktagon:
________
·
Kosongkan satu atau beberapa
poin.
Peran
Majelis Perwakilan Roma
a. Menerapkan. undang-undang
dan ketetapan yang dibuat oleh konsul
b. ________________________
c. Menerima duta besar
luar negeri.
d. ________________________
·
Kosongkan kata-kata kunci
dalam paragraf pendek.
Di masa kini, manajer seringkali menghadapi
permasalahan semisal rendahnya ________, tingginya________, dan________
kualitas pelayanan. Solusi manajemen tradisional seringkali cenderung seperti________
________, untuk menghasilkan________ persoalan baru untuk satu persoalan yang
sudah dipecahkan.
4.
Bagikan lembar kerja kepada
siswa. Jelaskan bahwa anda memang sengaja mengosongkan beberapa bagian kalimat
untuk membantu mereka mendengarkan secara aktif terhadap apa yang anda ajarkan.
VARIASI
1.
Siapkan lembar kerja yang
memuat sub-sub topik utama dari materi yang anda ajarkan. Kosongkan sejumlah
bagian kalimat untuk membantu pembuatan catatan. Hasilnya akan tampak seperti
ini:
Empat
Jenis Masyarakat yang Tidak Adil Menurut Socrates
Timokrasi:
Oligarki:
Demokrasi:
Tirani:
[Opsionol:
Setelah pemberian pelajaran, beri siswa salinan kedua dari lembar catatan yang
beberapa bagiannya dikosongkan. Tugaskan mereka untuk mengisi bagian yang
kosong itu tanpa melihat catatan.]
2.
Buatlah penyajian materi
pelajaran anda menjadi beberapa bagian. Perintahkan siswa untuk mendengarkan
dengan cermat sewaktu anda berbicara, namun jangan membuat catatan. Sebagai
gantinya, perintahkan mereka untuk menulis catatan selama jeda waktu dalam
penyajian materi pelajaran berbasis-ceramah.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Membuat Catatan dengan Bimbingan"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr