KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN IPA



Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator  Esensial
Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu














·      Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel
                     
·      Mendeskripsikan konsep keanekaragaman makhluk hidup
·      Menganalisis hubungan fase relaksasi dan kontraksi pada otot
·      Mengaitkan tipe mulut  dan pola makan berbagai hewan
·      Mendeskripsikan karakteristik ekosistem
·      Membedakan gerak dan gerak refleks
·      Mengaplikasikan konsep mitosis dan meiosis
·      Mendeskripsikan hormon dan sistem kerjanya
·      Menentukan kemungkinan fenotip individu berdasarkan silsilah keluarga
·      Mendeskripsikan bioteknologi berdasarkan uraian contoh produknya
·      Menginterpretasi grafik perpindahan atau kecepatan terhadap waktu
·      Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada sistem
·      Menerapkan hukum kekekalan energi
·      Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda
·      Menganalisis getaran atau gelombang
·      Menentukan bayangan yang dihasilkan oleh cermin atau lensa
·      Menganalisis rangkaian listrik
·      Menentukan energi atau daya listrik
·      Menganalisis medan magnet induksi atau induksi elektromagnetik
·      Mendeskripsikan karakteristik atom, ion, molekul, unsur, dan senyawa
·      Mengidentifikasi sifat asam basa larutan dengan indikator yang sesuai
·      Menganalisis fungsi dan/atau dampak zat aditif, adiktif, dan/atau psikotropika
·      Mendeskripsikan prinsip perubahan kimia
·      Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam
·      Merumuskan masalah dalam kajian IPA
·      Merumuskan hipotesis
·      Merancang percobaan
·      Merumuskan kesimpulan
·      Mengusulkan alternatif pemecahan masalah IPA
·      Menggunakan bahasa simbolik dalam  mendeskripsikan proses dan gejala alam
·      Menginterpretasi persamaan reaksi kimia
·      Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA dengan matematika dan teknologi
·      Mendeskripsikan perubahan energi pada proses anabolisme dan/atau katabolisme
·      Menentukan perbandingan fenotip dan/atau genotif hasil persilangan
·      Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum alam sederhana
·      Menerapkan konsep IPA untuk menjelaskan fenomena alam

·      Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPA untuk menjelaskan berbagai fenomena alam
·      Menganalisis penyebab fenomena mewabahnya suatu penyakit berdasarkan perubahan ekosistem
·      Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
·      Mendeskripsikan peranan biologi dalam  teknologi pengawetan makanan
·      Menganalisis peranan fisika dalam dunia kesehatan
·      Mendeskripsikan penerapan konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari
·      Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah
·      Menginventarisasi konsep-konsep esensial IPA
·      Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium IPA sekolah
·      Mengidentifikasi unsur-unsur yang harus ada dalam SOP penggunaan laboratorium IPA
·      Menerapkan langkah-langkah pengelolaan laboratorium yang benar
·      Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium
·      Mendeskripsikan penggunaan alat praktikum struktur dan fungsi mahluk hidup
·      Mendeskripsikan penggunaan alat ukur mekanik atau listrik
·      Mendeskripsikan penggunaan alat dan/atau bahan kimia
·      Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaran atau penelitian
·      Merancang percobaan untuk mengidentifikasi gejala biologi
·      Merancang percobaan untuk mengidentifikasi gejala fisika
·      Merancang percobaan untuk membuktikan sifat larutan
·      Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut
·      Menafsirkan pentingnya penemuan-penemuan IPA sebelumnya terhadap perkembangan IPA
Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
·      Memahami kompetensi inti mata pelajaran yang diampu
·      Mengidentifikasi karakteristik kompetensi inti mata pelajaran
·      Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
·      Merumuskan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar
·      Memahami tujuan pembelajaran
·      Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai kegiatan pembelajaran yang direncanakan untuk mencapai KD
Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu
secara kreatif
·      Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
·      Menganalisis kesesuaian materi ajar dengan tingkat perkembangan siswa SMP
·      Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif
·      Membuat contoh kreatif sajian materi ajar IPA


Link:
loading...
(function(){ var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById'; var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("");iw.close();var c=iw[b];} catch(e){var iw=d;var c=d[gi]("M283033ScriptRootC165025");}var dv=iw[ce]('div');dv.id="MG_ID";dv[st][ds]=n;dv.innerHTML=165025;c[ac](dv); var s=iw[ce]('script');s.async='async';s.defer='defer';s.charset='utf-8';s.src="//jsc.mgid.com/p/u/pustaka.pandani.web.id.165025.js?t="+D.getYear()+D.getMonth()+D.getDate()+D.getHours();c[ac](s);})();
loading...

0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN IPA"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr