Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Menguasai
materi, struktur,
konsep, dan
pola pikir
keilmuan yang
mendukung
mata
pelajaran yang diampu
|
·
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta
penerapannya secara fleksibel
|
· Mendeskripsikan
konsep keanekaragaman makhluk hidup
|
· Menganalisis hubungan fase relaksasi dan kontraksi
pada otot
|
||
·
Mengaitkan tipe mulut dan pola
makan berbagai hewan
|
||
·
Mendeskripsikan karakteristik ekosist
|
||
·
Membedakan gerak dan gerak refleks
|
||
· Mengaplikasikan konsep mitosis dan meiosis
|
||
· Mendeskripsikan hormon dan sistem kerjanya
|
||
·
Menentukan kemungkinan fenotip individu berdasarkan silsilah keluarga
|
||
·
Mendeskripsikan bioteknologi berdasarkan uraian contoh produknya
|
||
·
Menginterpretasi grafik perpindahan atau kecepatan terhadap
waktu
|
||
·
Menganalisis gaya-gaya
yang bekerja pada sistem
|
||
·
Menerapkan hukum kekekalan energi
|
||
·
Menganalisis pengaruh kalor terhadap
benda
|
||
·
Menganalisis getaran atau gelombang
|
||
·
Menentukan bayangan yang dihasilkan oleh cermin atau lensa
|
||
·
Menganalisis rangkaian listrik
|
||
·
Menentukan energi atau
daya listrik
|
||
·
Menganalisis medan magnet induksi atau
induksi elektromagnetik
|
||
·
Mendeskripsikan karakteristik atom, ion, molekul, unsur, dan senyawa
|
||
·
Mengidentifikasi sifat asam basa larutan
dengan indikator yang sesuai
|
||
·
Menganalisis fungsi dan/atau dampak zat
aditif, adiktif, dan/atau psikotropika
|
||
·
Mendeskripsikan prinsip perubahan kimia
|
||
·
Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala
alam
|
·
Merumuskan masalah dalam kajian IPA
|
|
·
Merumuskan hipotesis
|
||
·
Merancang percobaan
|
||
·
Merumuskan kesimpulan
|
||
·
Mengusulkan alternatif pemecahan masalah IPA
|
||
·
Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam
|
·
Menginterpretasi persamaan reaksi kimia
|
|
·
Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA
dengan matematika dan teknologi
|
·
Mendeskripsikan perubahan energi pada proses anabolisme dan/atau katabolisme
|
|
·
Menentukan perbandingan fenotip dan/atau genotif hasil persilangan
|
||
·
Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan
hukum alam sederhana
|
·
Menerapkan konsep IPA untuk menjelaskan
fenomena alam
|
|
·
Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPA untuk menjelaskan
berbagai fenomena alam
|
·
Menganalisis penyebab fenomena mewabahnya suatu penyakit berdasarkan perubahan ekosistem
|
|
·
Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama
yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendeskripsikan peranan biologi dalam teknologi pengawetan makanan
|
|
·
Menganalisis peranan fisika dalam dunia kesehatan
|
||
·
Mendeskripsikan penerapan konsep kimia
dalam kehidupan sehari-hari
|
||
·
Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah
|
·
Menginventarisasi konsep-konsep esensial IPA
|
|
·
Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan
keselamatan kerja/belajar di laboratorium IPA sekolah
|
·
Mengidentifikasi unsur-unsur yang harus ada dalam SOP penggunaan
laboratorium IPA
|
|
·
Menerapkan langkah-langkah pengelolaan
laboratorium yang benar
|
||
·
Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan
piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas,
laboratorium
|
·
Mendeskripsikan penggunaan alat
praktikum struktur dan fungsi mahluk hidup
|
|
·
Mendeskripsikan penggunaan alat ukur mekanik atau listrik
|
||
·
Mendeskripsikan penggunaan alat dan/atau bahan kimia
|
||
·
Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaran atau
penelitian
|
·
Merancang percobaan untuk mengidentifikasi
gejala biologi
|
|
·
Merancang percobaan untuk
mengidentifikasi gejala fisika
|
||
·
Merancang percobaan untuk membuktikan sifat larutan
|
||
·
Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yang
mendasari perkembangan tersebut
|
·
Menafsirkan pentingnya penemuan-penemuan IPA sebelumnya terhadap
perkembangan IPA
|
|
Menguasai
kompetensi inti dan kompetensi dasar mata
pelajaran yang diampu
|
·
Memahami kompetensi inti mata
pelajaran yang diampu
|
·
Mengidentifikasi karakteristik kompetensi inti mata pelajaran
|
·
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
|
·
Merumuskan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar
|
|
·
Memahami tujuan pembelajaran
|
·
Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai kegiatan pembelajaran yang direncanakan untuk mencapai KD
|
|
Mengembangkan
materi
pembelajaran
yang diampu
secara kreatif
|
·
Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan
peserta didik
|
·
Menganalisis kesesuaian materi ajar dengan tingkat perkembangan
siswa SMP
|
·
Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif
|
·
Membuat contoh kreatif sajian materi ajar IPA
|
Link:
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN IPA"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr