CMS Moodle dan Fiturnya

CMS Moodle


Moodle merupakan salah satu paket software untuk membuat suatu pelatihan – pelatihan berbasis web dan internet yang biasa disebut sebagai Learning Management System (LMS) / Course Management System (CMS) / Virtual Learning Environment (VLE).  Moodle disediakan secara gratis dan bebas digunakan karena merupakan software open source (dibawah lisensi GNU Public). Pada 6 November  2013 tercatat ada 87.085 situs aktif yang telah terdaftar dari 239 negara didunia yakni:

Afghanistan   Albania   Algeria   American Samoa   Andorra   Angola   Anguilla   Antarctica   Antigua And Barbuda   Argentina   Armenia   Aruba   Australia   Austria   Azerbaijan   Bahamas   Bahrain   Bangladesh   Barbados   Belarus   Belgium   Belize   Benin   Bermuda   Bhutan   Bolivia, Plurinational State Of   Bonaire, Sint Eustatius And Saba   Bosnia And Herzegovina   Botswana   Bouvet Island   Brazil   Brunei Darussalam   Bulgaria   Burkina Faso   Burundi   Cambodia   Cameroon   Canada   Cape Verde   Cayman Islands   Chile   China   Christmas Island   Cocos (Keeling) Islands   Colombia   Comoros   Congo   Congo, The Democratic Republic Of The   Cook Islands   Costa Rica   Croatia   Cuba   Cyprus   Czech Republic   Côte D'Ivoire   Denmark   Djibouti   Dominica   Dominican Republic   Ecuador   Egypt   El Salvador   Eritrea   Estonia   Ethiopia   Fiji   Finland   France   French Guiana   French Polynesia   Gabon   Gambia   Georgia   Germany   Ghana   Greece   Greenland   Grenada   Guadeloupe   Guam   Guatemala   Guernsey   Guyana   Haiti   Holy See (Vatican City State)   Honduras   Hong Kong   Hungary   Iceland   India   Indonesia   Iran, Islamic Republic Of   Iraq   Ireland   Israel   Italy   Jamaica   Japan   Jersey   Jordan   Kazakhstan   Kenya   Korea, Democratic People's Republic Of   Korea, Republic Of   Kuwait   Kyrgyzstan   Lao People's Democratic Republic   Latvia   Lebanon   Lesotho   Liberia   Libya   Liechtenstein   Lithuania   Luxembourg   Macao   Macedonia, The Former Yugoslav Republic Of   Madagascar   Malawi   Malaysia   Maldives   Mali   Malta   Marshall Islands   Martinique   Mauritania   Mauritius   Mayotte   Mexico   Micronesia, Federated States Of   Moldova, Republic Of   Monaco   Mongolia   Montenegro   Montserrat   Morocco   Mozambique   Myanmar   Namibia   Nepal   Netherlands   New Caledonia   New Zealand   Nicaragua   Niger   Nigeria   Northern Mariana Islands   Norway   Oman   Pakistan   Palestine, State Of   Panama   Papua New Guinea   Paraguay   Peru   Philippines   Poland   Portugal   Puerto Rico   Qatar   Romania   Russian Federation   Rwanda   Réunion   Saint Kitts And Nevis   Saint Lucia   Saint Pierre And Miquelon   Saint Vincent And The Grenadines   Samoa   San Marino   Sao Tome And Principe   Saudi Arabia   Senegal   Serbia   Sierra Leone   Singapore   Slovakia   Slovenia   Solomon Islands   Somalia   South Africa   Spain   Sri Lanka   Sudan   Suriname   Swaziland   Sweden   Switzerland   Syrian Arab Republic   Taiwan   Tajikistan   Tanzania, United Republic Of   Thailand   Timor-Leste   Togo   Tonga   Trinidad And Tobago   Tunisia   Turkey   Turkmenistan   Turks And Caicos Islands   Uganda   Ukraine   United Arab Emirates   United Kingdom   United States   United States Minor Outlying Islands   Uruguay   Uzbekistan   Vanuatu   Venezuela, Bolivarian Republic Of   Viet Nam   Virgin Islands, British   Virgin Islands, U.S.   Wallis And Futuna   Western Sahara   Yemen   Zambia   Zimbabwe   Åland Islands

Kata Moodle awalnya merupakan kependekan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment, walaupun pada awalnya huruf M kependekan dari kata “Martin’s” yang berasal dari Martin Dougiamas sang pembuat Moodle. Maksud dari modular disini adalah para developer di seluruh dunia dapat mengembangkan serta menciptakan module – module baru untuk menambah fungsional Moodle.

Moodle dapat diinstall pada komputer manapun (Windows, Mac, dan berbagai distro Linux) yang dapat menjalankan PHP dan mendukung database bertipe SQL (MySQL, Postgre, Oracle, ataupun Microsoft SQL Server). Namun pada article ini penulis tidak akan membahas mengenai tahapan installasi maupun cara pemakaian Moodle, karena saat ini telah banyak sekali tutorial yang dapat ditemukan untuk hal tersebut. Disini penulis akan mencoba menjelaskan fungsi dan manfaat-manfaat apa saja yang akan pengguna peroleh bila menggunakan Moodle. Maksud dari tulisan ini adalah untuk memberikan gambaran apakah moodle memang cocok dengan software e learning yang anda butuhkan ataupun hanya sebatas pengantar atau gambaran menganai moodle.

Moodle merupakan produk yang sangat aktif dan cepat perkambangannya. Seiring perkembangannya, banyak fungsi – fungsi baru yang ditambahkankan. Berikut ini hanyalah beberapa dari banyak fitur yang terkandung pada Moodle (Moodle 1.9) dan saat ini yang terbaru adalah (Moodle 2.6). diantaranya:



  • User Management

Moodle secara default menyediakan 7 lapisan user (previlege) untuk untuk mengurangi tingkat keterlibatan administrator sehingga administrator tidak terlalu sibuk
mengerjakan seluruh tugas di situs tersebut, tentu saja dengan tetap mempertahankan tingkat keamanan situs. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan 7 lapisan user tersebut:


  • Administrator


Seorang administrator bertugas mengatur situs secara umum. Misalnya mengatur tampilan situs, menumenu apa saja yang terdapat pada situs, mengatur user previlege (disebut role pada Moodle), dan lain sebagainya.


  • Course Creator

Seorang course creator dapat membuat course (pelatihan/mata kuliah/mata pelajaran), dan mengajar course tersebut atau menunjuk teacher (pengajar) mana yang akan mengajarkan course tersebut dan melihat course yang tidak dipublish. Pada dunia nyatanya, seorang course creator dapat dianggap sebagai kepala departemen atau koordinator program studi.



  • Teacher


Seorang teacher (pengajar) dapat melakukan apapun terhadap course yang diajarkannya, seperti mengganti aktivitas yang terdapat pada course tersebut, memberi nilai kepada siswa yang mengambil course tersebut, mengeluarkan siswa yang terggabung dalam course tersebut, menunjuk non editing teacher untuk mengajar pada course terebut, dan lain-lain.


  • Non-editing teacher


Non editing teacher dapat mengajar pada coursenya, seperti memberi nilai siswa, namun tidak dapat mengubah aktivitas yang telah dibuat oleh teacher yang mengajar pada course tersebut. Pada dunia nyata, non editing teacher dapat dianggap sebagai assisten dosen.


  • Student


Student merupakan user yang belajar pada suatu course. Sebelum dapat mengikuti aktifitas pada suatu course, seorang stuudent harus mendaftar terlebih dahulu pada course tersebut. selanjutnya pengajar yang mengajar pada course tersebut akan memberikan grade terhapad pencapaian student tersebut.


  • Guest

Guest merupakan user yang selalu memiliki akses read-only. Setiap user yang belum terdaftar pada moodle merupakan guest. Guest dapat masuk ke course manapun yang memperbolehkan guest untuk masuk. User yang telah login dapat masuk ke course manapun yang memperbolehkan guest untuk masuk. Walupun diperbolehkan masuk, namun guest tidak diperbolehkan mengikuti aktivitas apapun pada course tersebut. Terdapat 2 tipe akses guest pada moodle: yang memerlukan enrolment key dan yang

tidak. Jika untuk masuk pada suatu course diperlukan enrolment key, maka setiap ingin masuk ke course tersebut guest harus memasukkkan enrolment key terlebih dahulu jadi dapat dibatasi guest yang boleh masuk pada course tersebut. Jadi guest disediakan untuk user yang ingin melihat – lihat course yang tersedia pada suatu situs sehingga dapat menentukan apakah course tersebut sesuai dengan kenginannya atau tidak.


  • Authenticated User

Secara default seluruh user yang telah login merupakan Authenticated User. Walupun suatu user berperan sebagai teacher pada suatu course, namun di course lain ia hanya berperan sebagi authenticated user yang memiliki kedudukan yang sama dengan guest. Perbedaan guest dengan authenticated user, bila belum terdaftar pada suatu course, maka authenticated user dapat langsung mendaftar pada course tersebut sedangkan guest tidak.

Walaupun secara default Moodle hanya memberikan 7 lapisan user seperti yang dijelaskan diatas, namun pengguna Moodle (berperan sebagai admin) dapat secara bebas mengkostumisasi, bahkan menambah, jenis lapisan user sesuai keinginannya.


  • Course Management

Pada Moodle, yang dapat memanajemen course yang ada hanyalah user dengan role sebagai teacher, dan tentu saja admin yang dapat melakukan apapun. Walaupun user dengan role course creator dapat memciptakan suatu course, namun user tersebut tidak dapat memodifikasi course yang telah ia ciptakan bila ia tidak mengajar di course tersebut (bukan sebagai teacher). Course pada Moodle memiliki beberapa format, yaitu:



  • LAMS course format

LAMS telah terintegrasi dengan moodle sehingga teacher dapat membangun aktivitas-aktivitas berdasarkan LAMS didalam course pada Moodle. LAMS akan digunakan sebagai materi utama untuk melakukan proses belajar mengajar dan bila dibutuhkan, aktivitas dan resourse yang disediakan oleh Moodle dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar tersebut.


  • SCORM format


Dengan menggunakan format ini, teacher dapat menggunakan satu paket SCORM untuk melakukan seluruh proses belajar mengajar pada course tersebut. Teacher tidak dapat menggunkan aktivitas dan resourse lain yang disediakan oleh Moodle. Jadi aktivitas dan resourse yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar harus sudah tertanam di paket SCORM tersebut.



  • Social format

Format ini berorientasi pada sebuah forum, Social forum. Format berguna bila proses belajar mengajar yang dilakukan hanya memerlukan diskusi atau interaksi antar

komponennya (student – teacher, student – student). Bahkan format ini dapat digunakan selain untuk course, misalnya sebagai papan pengumuman departemen.



  • Topics format


Pada format ini, materi pada course terbagi – bagi berdasarkan topic – topic. Setiap topic dapat menggunakan aktifitas dan resource yang disediakan oleh Moodle. Format ini cocok dengan course yang didesain dengan concept-oriented, dimana proses belajar mengajar akan melalui tahapan – tahapan konsep, mulai dari beginner sampai advance.



  • Weekly format


Format ini mirip dengan format topic, yang membedakan format ini dengan format topic adalah pembagian materi pada course berdasarkan penjadwalan yang tetap (week). Setiap week memiliki tanggal mulainya proses belajar mengajar dan tanggal berakhirnay proses belajar mengajar. Jadi setiap student akan mempelajari materi pada waktu yang bersamaan. Selebihnya format ini sama dengan format topic.



  • Weekly format – CSS/No tables


Format ini sama dengan format weekly, namun tanpa menggunakan table sebagai layout.

Sebagai tambahan agar proses belajar mengajar lebih interaktif, Moodle menyediakan berbagai aktifitas dan resource. Aktifitas yang disediakan oleh Moodle yaitu:



  • Assignments


Dengan aktifitas ini, teacher dapat memberikan tugas yang mengharuskan student mengirim (upload) konten digital, misalnya essay, tugas proyek, laporan, dan lain-lain. Jenis file yang dapat dikirim misalnya ord-processed documents, spreadsheets, images, audio and video clips. Selanjutnya teacher dapat melihat dan menilai tugas yang telah dikirim oleh student.



  • Chats

Dengan aktivitas ini, setiap peserta dapat berdiskusi secara real-time via web.



  • Choices


Aktifitas ini sangat sederhana – teacher memberikan beberapa pertanyaan dan menyediakan berberapa pilihan jawaban. Aktifitas ini dapat digunakan sebagai polling untuk merangsang daya pikir terhadap sebuah topic, misalnya membiarkan sebuah kelas untuk menentukan (vote) arah dari course.



  • Database Activity


Dengan aktifitas ini, teacher dan/atau students dapat membuat, melihat dan mencari bank data mengenai topik apapun. Format dan struktur data yang dimasukkan hamper tidak terbatas, termasuk gambar, file, URL, nomor, dan text.



  • Forums


Sama dengan chat, pada forum, student dan teacher dapat berinteraksi satu sama lain secara real-time. Namun tidak seperti chat, pada forum interaksi yang dilakukan secara asinkron. Setiap member yang tergabung dalam forum akan menerima salinan dari posting di email mereka.



  • Glossary


Pada aktivitas ini, pererta dapat membuat kumpulan/daftar pengertian – pengertian kata, seperti kamus. Data yang dimasukkan dapat berasal dari berbagai format dan secara otomatis dapat dibuat link ke materi lain.



  • Lesson


Lesson ditujukan agar teacher dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhir setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban. Jawaban yang dipilih student akan menentukan halaman mana yang akan diaksesnya.



  • Quizzes


Pada modul ini, teacher dapat mendesain kumpulan soal, yang berisi multiple choice, true-false, dan pertanyaan jawaban singkat. Pertanyaan – pertanyaan tersebut akan tersimpan di bank soal yang dapat dikategorikan dan digunakan ulang.



  • SCORM/AICC Packages


Dengan module ini, teacher dapat membuat paket yang berisi halaman web, grafis, program Javascript, slide presentasi Flash, video, suara and konten apapun yang dapat dibuka di web browser. Paket ini juga diintegrasikan kumpulan soal yang bila diperlukan dapat dinilai dan kemudian dimasukkan ke rapor student.



  • Surveys


Survey merupakan feedback, quisioner ataupun angket yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran ataupun kritikan bagi teacher ataupun course. Sehingga kinerja teacher dan isi dari course dapat diperbaiki diwaktu mendatang.



  • Wikis


Pada aktivitas ini, student dan teacher dapat secara kolaboratif menulis dokumen web tanpa mengetahui bahasa html, langsung dari web browser. Hasilnya dapat berupa hasil kreativitas kelas, kelompok ataupun individu.

Berikut merupakan resource yang disediakan oleh Moodle:



  • Text page


Dengan resource tipe ini, teacher dapat membuat tuliasan yang hanya berisi teks. Beberapa tipe formatting disediakan untuk membuat teks menjadi halaman web yang ‘enak’ dilihat.



  • HTML page


Dengan resource ini, teacher dapat membuat sebuah halaman web lengkap. Bila diperlukan, kode javascript pun dapat ditambahkan.



  • Link to Files or web pages


Dengan resoursce ini, teacher dapat membuat link ke halaman web ataupun file lain yang ada di internet. Link jug dapat diarahkan ke halaman web atau file lain yang telah di-upload ke komputer local.



  • Directory


Dengan resource ini, siswa dapat melihat seluruh direktori (dan subdirektori) dari direktori yang berada dibawah direktori course tersebut.



  • IMS Content Packages


IMS content packages dapat dibuat dengan beragam software content-authoring, hasilnya berupa file zip. Moodle secara otomatis akan mengekstrak paket tersebut agar konten paket tersebut dapat dilihat. Konten paket IMS biasanya berisi seperti slide presentasi yang terdiri beberapa halaman yang dan terdapat navigasi per halaman.



  • Labels


Berbeda dengan resourse lain, dengan label hanya berupa text dan grafis. Label berguna sebagai instruksi pendek yang menginformasikan kepada student apa yang harus dilakukan kemudian.

Demikianlah beberapa dari banyak fitur pada Moodle yang dapat penulis informasikan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan ketertarikan pembaca terhadap moodle.








Edit from: "adyth23"
[Note Pandani]
loading...
(function(){ var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById'; var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("");iw.close();var c=iw[b];} catch(e){var iw=d;var c=d[gi]("M283033ScriptRootC165025");}var dv=iw[ce]('div');dv.id="MG_ID";dv[st][ds]=n;dv.innerHTML=165025;c[ac](dv); var s=iw[ce]('script');s.async='async';s.defer='defer';s.charset='utf-8';s.src="//jsc.mgid.com/p/u/pustaka.pandani.web.id.165025.js?t="+D.getYear()+D.getMonth()+D.getDate()+D.getHours();c[ac](s);})();
loading...

0 Response to "CMS Moodle dan Fiturnya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr