Menurut
Bloom dalam Suharsimi (2005: 117) ada tiga ranah yang harus diperhatikan dalam
pengelolaan hasil belajar yaitu:
1.
Ranah kognitif
a.
Pengetahuan, mengacu pada tingkat kemampuan ingatan
b.
Pemahaman, mencakup pengetahuan memahami arti dan makna
tentang hal yang terjadi
c.
Penerapan, mencakup kemampuan menerapkan materi yang
telah dipelajari
d.
Analisis, mencakup kemampuan menguraikan materi ke dalam
komponen dan memberi hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya.
e.
Sintesis, mencangkup kemampuan untuk membentuk suatu pola
baru.
f.
Evaluasi, mencangkup kemampuan memberikan pendapat
tentang beberapa hal berdasarkan kriteria tertentu.
2.
Ranah Afektif
a.
Penerimaan, mencangkup kemampuan memperlihatkan dan
member respon terhadap stimulasi yang tepat.
b.
Partisipasi, mencangkup kerelaan, kesediaan dan
berpartisipasi dalam suatu kegiatan.
c.
Pembentukan Pola, mencangkup kemauan menghayati nilai dan
membentuknya menjadi nilai kehidupan pribadi.
3.
Ranah Psikomotor (ketrampilan), berhubungan erat dengan
kerja otot mencakup ketrampilan bergerak dan bertindak (Skill)
[Note Pandani]
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Tiga ranah dalam pembelajaran"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr