PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Teori Belajar


Silberman (2006: 23) mengungkapkan bahwa lebih dari 2400 tahun yang lalu, Confius mengeluarkan 3 pernyataan sederhana yang mengungkapkan pentingnya belajar yaitu: ”Yang saya dengar, saya lupa. Yang saya lihat, saya ingat. Yang saya kerjakan, saya pahami”. Pernyataan ini dimodifikasi oleh Silberman (2006: 23) dan dapat diperluas menjadi paham Belajar Aktif sebagai berikut:

 Yang saya dengar, saya lupa.Yang saya dengar dan lihat, saya sedikit ingat.Yang saya dengar, lihat dan pertanyakan atau diskusikan dengan orang lain, saya mulai pahami.Dari yang saya dengan, lihat, bahas dan terapkan, saya dapat pengetahuan dan keterampilan.Yang saya ajarkan kepada orang lain, saya kuasai.

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terdiri dari berbagai kegiatan atau aktivitas jasmani dan rohani. Aktifitas siswa sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar, sehingga siswalah yang banyak aktif, sebab siswa sebagai objek didik adalah yang merencanakan dan ia sendiri yang melaksanakan belajar. 


[Note Pandani]

0 Response to "Teori Belajar"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr