PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Panduan Instalasi dan Penggunaan Open Journal System


Pendahuluan

Tentang OJS

Open Journal System(OJS) adalah jurnal online dikembangkan oleh Public Knowledge Project. Untuk informasi umum tentang OJS dan penelitian sistem terbuka lainnya, kunjungi PKP di situs web <http://pkp.sfu.ca/>.

Lisensi

OJS di bawah lisensi GNU General Public License V2. Lihat file docs/COPYING untuk melihat lebih lanjut hal lisensi. Pihak ketiga didiperbolehkan untuk mengubah dan OJS secara keseluruhan atau bagian tertentu sesuai dengan ketentuan dari lisensi ini. PKP juga menyambut baik penambahan patch untuk perbaikan atau perbaikan bug untuk perangkat lunak ini.

Persyaratan Sistem

Persyaratan Fitur Server:
  • PHP > 4.2.x (termasuk PHP 5.x);Microsoft IIS memerlukan PHP 5.x
  • MySQL > 3.23.23 (termasuk MySQL 4.x) atau PostgreSQL> = 7,1 (termasuk PostgreSQL 8.x)
  • Apache> = 1.3.2x atau = 2.0.4x atau Microsoft IIS 6
  • Sistem Operasi: Setiap OS yang mendukung perangkat lunak di atas, termasuk Linux, BSD, Solaris, Mac OS X, Windows

Konfigurasi

Untuk setingan keamanan disarankan menggunakan konfigurasi berkut ini:
  • Membuat database untuk OJS; menggunakan hak akses unik/khusus untuk mengaksesnya. Konfigurasi ini database untuk melakukan backup otomatis pada keadaan standar / Dasar. Lakukan manual cadangan ketika melakukan upgrade atau Pemeliharaan.
  • Konfigurasi OJS (config.inc.php) disarankan menggunakan SHA1 hashing daripada MD5.
  • Konfigurasi OJS (config.inc.php) disarankan menggunakan force_ssl_login sehingga otentikasi pengguna berkomunikasi dengan server melalui HTTPS.
  • Instal OJS sehingga file direktori yang terdapat system OJS berada pada sebuah subdirektori dan tidak dapat diakses langsung melalui web. Batasi juga hak izin file sesuai kebutuhan. Otomatis backup direktori ini harus disinkronkan dengan pengaturan.

Instalasi

Proses Instalasi

Harap membaca dokumen ini dan dokumen RELEASE sebelum memasang OJS. Jika Anda menghadapi masalah, silakan juga melihat dokumen FAQ dalam direktori ini. Untuk installasi OJS:
  1. Ekstrak arsip OJS ke lokasi yang dikehendaki dalam dokumen web direktori.
  2. Membuat file dan direktori berikut (dan isi) writeable (misalnya, dengan mengubah pemilik atau dengan izin atau chown (Chmod):
    • Config.inc.php (opsional - tidak ditulis jika Anda akan diminta secara manual untuk menimpa file ini selama instalasi)
    • Publik
    • Cache
    • Cache / t_cache
    • Cache / t_config
    • Cache / t_compile
    • Cache / _db
  3. Buat direktori untuk menyimpan file upload (pengiriman file, dll) dan membuat writeable direktori ini. Dianjurkan ini direktori ditempatkan di non-web-lokasi dapat diakses (atau dilindungi dari akses langsung, seperti menggunakan rule htaccess).
  4. Buka web browser untuk <http://localhost/ojs/> dan ikuti di layar instalasi. Atau, perintah-baris installer dapat digunakan oleh menjalankan perintah php “tools/install.php” dari OJS direktori Anda. (Catatan: dengan klien, pemberian penyempurnaan installer Anda mungkin perlu chown/chmod publik upload file dan direktori setelah instalasi. Installer juga menawarkan “manual instalasi” pilihan yang akan menampilkan SQL pernyataan yang diperlukan untuk membuat database baru tetapi OJS Mereka tidak dijalankan.
  5. Fitur tambahan pos-langkah instalasi:
    • Periksa config.inc.php tambahan untuk pengaturan konfigurasi
    • Periksa FAQ dokumen untuk teknis dan pertanyaan yang sering ditanyakan untuk konfigurasi server.

Upgrade

Silakan melihat docs/upgrade untuk informasi mengenai upgrade dari OJS versi sebelumnya.

Penjadwalan Tugas(Schedule Task)

OJS mendukung suatu mekanisme untuk melakukan berbagai tugas yang dijadwalkan (seperti otomatis mengirim email pemberitahuan dari pengingat). Untuk mengaktifkan dukungan untuk menggunakan penjadwalan tugas, mengedit file config.inc.php dan mengatur scheduled_tasks pengaturan ke Aktif, dan mengatur sistem operasi Anda untuk dijalankan secara berkala (sebagai pengguna yang sama dibawah kendali webserver). Konfiguraasi file dapat ditemukan di direktori tool/runScheduledTasks.php Anda OJS di direktori: *pada sistem operasi UNix, ini dapat dilakukan dengan menambahkan tugas cron sederhana:
# Crontab-e www
0 * * * * php /pathto/ojs/tools/runScheduledTasks.php
Dalam contoh script ini akan dijalankan setiap jam.

Penggunaan

Volume Jurnal (Issues)

Membuat Volume Jurnal Baru

  1. Login terlebih dahulu, kemudian klik menu User Home > Editor > [Create Issue]
  2. Pada tab Create Issue masukkan informasi yang diinginkan berikut gambar cover jurnal apabila ada. Kemudian simpan dengan menekan tombol Save
  3. Secara otomatis volume jurnal yang baru dibuat akan masuk kedalam list Future Issue
  4. Sekarang kita telah memiliki sebuah jurnal, tapi belum dipublish dan masih kosong belum ada isinya. 

Mengedit Volume Jurnal

  1. Selain itu kita dapat mengedit jurnal yang telah dibuat sebelumnya, pilih menu User Home kemudian klik link Editor, akan muncul tampilan seperti dibawah ini ; 
  2. Klik salah satu Issue jurnal yang ingin diedit, bisa Future Issue atau Back Issues
  3. Setelah mengklik salah satu Issue jurnal, klik Issue Data
  4. Pada halaman issue data kita dapat mengubah tanggal, keterangan, dan cover jurnal apabila diperlukan. 

Menghapus Volume Jurnal

  1. Selain mengedit Issue atau Volume jurnal, kita juga dapat menghapusnya. Pada jendela editor pilih bagian jurnal yang ingin dihapus, bisa Future Issue atau Back Issues
  2. Selanjutnya pada salah satu list jurnal klik Delete seperti pada gambar dibawah. 

Konten Volume Jurnal

Mensubmit Artikel Jurnal baru

  1. Selanjutnya kita harus mempersiapkan artikel ilmiah untuk dimasukkan kedalam Volume jurnal. Pada halaman User Home klik link New Submission
  2. Selanjutnya pada halaman Submission ikuti langkah-langkah submit artikel ilmiah yang diinginkan; 
  3. Kemudian upload file artikel ilmiah yang telah dimiliki, bisa dalam format doc atau pdf 
  4. Kemudian isikan data-data pendukung dari artikel ilmiah tersebut, termasuk judul dan abstrak; 
  5. Selanjutnya apabila ada file pendukung tambahan, mungkin berupa lampiran atau data bisa diupload juga, namun apabila tidak ada bisa diteruskan kelangkah selanjutnya; 
  6. Terakhir berupa rangkuman dari langkah-langkah selanjutnya. Apabila sudah benar, klik tombol Finish Submission
  7. Kemudian secara otomatis akan kembali ke halaman User Home, disana akan tampak link unassigned, artinya ada sebuah artikel ilmiah yang belum dimasukkan kedalam volume jurnal . Klik link Unassigned tersebut; 
  8. Akan muncul list artikel yang telah kita buat sebelumnya. Klik link artikel tersebut; 
  9. Pada jendela layout apabila informasi sudah benar bisa langsung mengklik tombol Save
  10. Pada halaman berikutnya berisi informasi dari artikel ilmiah tersebut. Untuk menentukan artikel ilmiah ini masuk kedalam volume jurnal yang diinginkan, perhatikan bagian Scheduling, kemudian pilih volume jurnal yang diinginkan; 
  11. Setelah disimpan, kita bisa melihat artikel ilmiah telah masuk kedalam volume jurnal yang diinginkan. 

Mengedit Artikel Ilmiah/Submission

  1. Pada jendela Editor, klik link Submission kemudian klik salah satu artikel/Submission yang diinginkan. Didalam informasi Submission tersebut, klik link Edit Metadata seperti pada gambar dibawah; 
  2. Edit metadata yang sesuai yang diinginkan, apabila sudah selesai klik tombol Save Metadata 

Menghapus Artikel Ilmiah/Submission

  1. Sebelum menghapus artikel/Submission, terlebih dahulu kita harus melakukan Reject and Archive. Pada jendela Editor, klik link Submission kemudian klik salah satu artikel/Submission yang diinginkan, dihalaman Submission tersebut klik link REJECT AND ARCHIVE SUBMISSION
  2. Selanjutnya kita dapat mengirim email pemberitahuan kepada penulis artikel ilmiah tersebut, atau apabila tidak ingin ada pemberitahuan bisa klik tombol Skip Email
  3. Selanjutnya pada halaman Editor > Submission > Archive klik tombol DELETE pada artikel yang telah di Reject and Archive

Administrasi Halaman Website

Menambah Informasi pada Halaman Utama

Sebagai admin kita juga dapat menambahkan informasi-informasi penting tentang jurnal online yang dimiliki pada halaman utama. Pada halaman User Home klik link Setup seperti gambar dibawah.
Selanjutnya didalam Journal Management masukkan informasi-informasi yang diinginkan sesuai dengan data yang dimiliki.

Administrasi User

Membuat User Baru

  1. Pada halaman User Home masuk kedalam menu Journal Manager
  2. Pada halaman User > Journal Management bagian User klik link Create New User
  3. Selanjutnya masukkan username dan password serta hak akses yang akan diberikan kepada user baru tersebut. 

Menghapus User

  1. Pada halaman User Home masuk kedalam menu Journal Manager;
  2. Pada bagian User klik link Users enrolled in this journal
  3. Pada list user yang muncul, klik tombol Remove

Sumber Referensi

OJS in an Hour, An Introduction to Open Journal Systems, July 15, 2008

Source

0 Response to "Panduan Instalasi dan Penggunaan Open Journal System"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr